Pemdes Bojong Wetan Gelar Pasar Minggon, Perkenalkan Jajanan Khas “Geblog Bojong”

PASAR MINGGON: Guna membangkitkan semangat serta menumbuhkan UMKM, Pemdes Bojong Wetan, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon menggelar Pasar Minggon di Alun-alun desa setempat, Minggu (12/1).FOTO: NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON

Guna membangkitkan semangat serta menumbuhkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pemerintah Desa (Pemdes) Bojong Wetan, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon menggelar Pasar Minggon (Pasar Mingguan) di Alun-alun Desa setempat, Minggu (12/1). Kegiatan ini akan terus dilaksanakan untuk mewadahi puluhan pedagang di desa setempat. Selain kegiatan pasar, pemdes juga mengajak warga untuk berolahraga.

NUR VIA PAHLAWANITA, Cirebon

 KUWU Bojong Wetan, Rojai Lugisanto SSos menuturkan, Pasar Minggon  sebagai upaya untuk menggali potensi yang terdapat di wilayahnya. Terutama dalam memanfaatkan jajanan khas masyarakat Desa Bojong.

“Kami ingin kembali membangkitkan dan memperkenalkan jajanan khas bojong, jajanan tanpa pengawet ini sudah hilang termakan zaman. Karena minim regenerasi seperti halnya Geblog Bojong. Yang membedakan Geblog Bojong ialah memakai toping sangraian kacang ijo,” ungkap Rojai kepada Radar Cirebon, Minggu (12/1).

Tak hanya itu, dalam Pasar Minggon, pihaknya juga menyelenggarakan kegiatan senam bareng, mlaku bareng, penghijauan, turnamen volly ball putri, seni budaya dan jajan geblog. Ke depan, setelah dilakukan evaluasi, pihaknya akan menjadikan kegiatan itu menjadi agenda rutin mingguan.

Melalui Pasar Minggon ini, diharapkan juga dapat menjadi ajang silaturahim masyarakat Desa Bojong Wetan serta wadah berhimpun dari beberapa pedagang yang ada di Desa Bojong Wetan.

Pasar Minggon ini, merupakan kali pertama diadakan oleh Desa Bojong Wetan di bawah kepemimpinan Rojai Lugisanto yang baru saja dilantik menjadi kuwu pada Desember 2019 lalu. “Alhamdulillah, berkat Pasar Minggon, Geblog Bojong yang terbuat dari beras ketan ini kembali hidup. Dalam hitungan menit, jajanan Geblog habis terjual,” ujar Rojai.

Pada kesempatan itu, Ketua BPD Bojong Wetan, Heriyanto SPd memberikan apresiasi apa yang telah dilakukan Kuwu Rojai. Sebab, sebelumnya Desa Bojong Wetan sepi agenda kerakyatan. “Animo masyarakat sangat luar biasa. Mereka berdatangan ke Pasar Minggon ini dengan memborong habis Geblog, ikut senam bersama juga,” jelasnya. (*)

Berita Terkait