Pembangunan Jalan Lingkar Luar di Gebang Lambat

Komisi III Minta Kepastikan dari Intansi Terkait

Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon melakukan kunjungan kerja ke jalan lingkar luar (JLL) PPI Gebang, kemarin. Saat ini, ada pekerjaan pembuatan gorong-gorong oleh dinas terkait.FOTO:ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON-Keberadaan jalan lingkar luar (JLL) di Gebang Kabupaten Cirebon sangat penting bagi pengembangan kawasan PPI Gebang. Sayangnya, sejak dicanangkan beberapa tahun lalu dan sempat dua kali dianggarkan dari APBD, progress pembangunan jalan lingkar tersebut masih berjalan lambat.

Padahal, jika akses jalan tersebut sudah terbangun dampaknya akan sangat besar bagi masyarakat Cirebon secara umum dan khususnya bagi masyarakat sekitar.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon H Hermanto saat ditemui Radar Cirebon, Selasa (5/11). Pihaknya sengaja datang ke Gebang untuk melihat dan memastikan perkembangan pembangunan jalan lingkar luar. Hal ini penting karena pembangunan jalan tersebut punya dampak yang besar bagi masyarakat.

“Kita datang karena ingin tahu progress-nya, apa kendala yang dihadapi dan harus seperti apa solusinya. Tadi kunjungan selain ada rombongan dari Komisi III juga ada dari dinas terkait baik PU maupun Perkim, kita bareng-bareng cari solusi,” ujar Hermanto.

Dari kunjungan tersebut, menurut Hermanto, ada dua sikap yang akan dilakukan oleh DPRD untuk memastikan pembangunan jalan lingkar tersebut bisa segera dilanjutkan.

“Setelah melihat langsung dan berdiskusi dengan pihak-pihak terkait ada dua kesimpulan dari kunjungan ini. Yang pertama, kita akan mempercepat pembahasan terkait hal ini di Komisi III. Dari pembahasan nanti baru akan terlihat dan akan kita inventarisir persoalan yang ada,” imbuhnya.

Diteruskannya, langkah kedua yang harus segera dilakukan adalah Komisi III akan segera memanggil pihak PUPR untuk menjelaskan terkait kewenangan pembuatan akses jalan lingkar tersebut, apakah masih kewenangan kabupaten atau kewenangan provinsi.

“Kalau untuk aset PPI Gebangnya kan sudah milik provinsi. Nah, nanti kita tanya ke PUPR apakah akses jalannya kewenangan Provinsi atau ada di kita. Kalau ada di provinsi ini akan kita sampaikan ke pemprov agar jadi prioritas, tapi kalau kewenangannya ada di kabupaten tentu harus disertai dengan kebijakan penganggaran yang jelas dan masuk kedalam sekala prioritas,” jelasnya.

Sejauh ini, menurut politisi Partai Nasdem tersebut, tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaan pembangunan jalan lingkar luar PPI Gebang tersebut. Bahkan untuk persoalan pembebasan lahan pun sudah selesai dan tak ada kendala. “Informasi yang saya terima sih sudah beres, kemarin-kemarin katanya tinggal milik satu orang, kayaknya sudah beres. Jadi saya kira tidak ada masalah atau kendala berarti,” paparnya.

Bahkan saat ini, kata pria asli Gebang tersebut, di lokasi jalan lingkar sedang ada pembangunan gorong-gorong yang dilakukan oleh Pemkab Cirebon. Sementara itu, Camat Gebang Asep Nurdin mengatakan, upaya apapun yang bertujuan untuk memajukan dan meningkatkan masyarakat Gebang akan ia dukung sekuat tenaga. (dri)

Berita Terkait