Pembangunan di Majalengka Fokus pada Empat Sektor Ini

pelantikan-bupati-majalengka
KOMPAK: Gubernur Jawa Barat HM Ridwan Kamil tampak akrab dengan Bupati Majalengka Karna Sobahi (kiri) dan Wakil Bupati Tarsono D Mardiana (kanan) usai melantik kedua pimpinan daerah Majalengka itu di Gedung Sate Bandung, Rabu (19/12). FOTO: ANDI AZIS MUHTAROM/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA — Bupati Majalengka Karna Sobahi menegaskan, pembangunan yang tengah digencarkan pemerintah, tidak akan bisa dinikmati dengan optimal, manakala masyarakatnya tidak terjamin aspek pembangunan manusianya. Sehingga, Pemerintah Kabupaten Majalengka memfokuskan masyarakat sebagai subjek utama pembangunan yang akan terus ditingkatkan kesejahteraanya.

Setidaknya ada empat sektor kebutuhan dasar yang akan ditingkatkan. Keempat sektor itu terkait agama, pendidikan, kesehatan dan kemampuan ekonominya.

“Kalau pemerintah telah berhasil membangun jalan dan jembatan, tapi apa jadinya kalau masyarakat sakit, moralnya kurang, pendidikanya rendah, dan ekonominya kurang sejahtera? Lantas siapa yang akan menikmati hasil-hasil pembangunan itu?” ujar Bupati dalam agenda silaturahmi dan tasyakuran ibadah umrah warga Komplek Asabri Cigasong, Sabtu (19/10) petang.

Pemkab Majalengka, kata dia, saat ini terus meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan pendidikan, dengan memastikan sekolah tempat belajar para siswa itu layak dan aman baik dari segi bangunan maupun fasilitas pendukungnya. Serta menambah tenaga pendidik yang profesional, salah satunya perekrutan ratusan CPNS formasi guru.

Dari segi peningkatan kehidupan religiusnya, saat ini telah dianggarkan pemberian honor bagi imam masjid dan guru madrasah dari APBD. Serta bantuan perbaikan dan peningkatan sarana pendidikan keagamaan di desa-desa/Kelurahan.

Dari segi peningkatan kesehatan, bupati terus meningkatkan kualitas pelayanan di fasilitas medis milik Pemkab, serta menambah para dokter sepesialis. Sehingga ketika masyarakat ingin berobat penyakit tertentu yang perlu penanganan dokter spesialis, tidak perlu jauh-jauh ke kota/daerah lain.

Dari segi peningkatan perekonomian masyarakat, salah satu upaya yang dilakukan pemkab adalah dengan terus meningkatkan akses infrastruktur jalan penghubung antar wilayah di berbagai pelosok. Tujuannya, agar dapat mempercepat akses transportasi yang berujung pada kemudahan pendistribusian produk unggulan yang potensial di berbagai wilayah. (azs)

Berita Terkait