Pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih, Tunggu Rapat Besok

Ilustrasi pelantikan
Ilustrasi

CIREBON – Jadwal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon terus digodog. Rencananya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemkab Cirebon akan menggelar rapat persiapan, Selasa (12/3) besok.

“Nanti Selasa (besok, red) kita rapat bahas pelantikan Bupati-Wakil Bupati Cirebon terpilih,” ujar Sekda Jawa Barat, Dr H Iwa Karniwa melalui Kabag Tata Pemerintahan Setda Provinsi Jawa Barat, Emma Kusumah Cahyaningsih MM kepada Radar Cirebon, Senin (11/3).

Rapat tersebut, menurut Emma, akan membahas secara keseluruhan terkait pelantikan bupati terpilih. Termasuk jadwal waktunya. Pihaknya belum bisa memastikan kapan pelantikan digelar, karena menunggu keputusan pada rapat besok.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Cirebon, Benni Sugiarsa mengakui, pihaknya hingga saat ini belum mengetahui waktu pasti pelaksanaan pelantikan bupati. “Masih dalam pembahasan. Untuk waktu, kita belum ada kepastian kapan-kapannya,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Hj Yuningsih MM mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait jadwal pelantikan bupati. “Sudah ada koordinasi dan memang belum ditentukan waktu pelantikan,” ungkapnya.

Yuningsih mengungkapkan, pihaknya menginginkan agar pelantikan secepatnya dilaksanakan. Paling cepat dilaksanakan tanggal 19 Maret sesuai AMJ (Akhir Masa Jabatan, red). Namun, semuanya tergantung dari Kemendagri.

Perempuan berjilbab ini mengungkapkan, dalam pelantikan tersebut, Sunjaya sebagai bupati terpilih yang kini tengah menjalani kasus hukum di KPK tetap akan dilantik. “Keduanya (Sunjaya-Imron) harus dihadirkan dan dilantik.

Karena keduanya yang terpilih dalam pilbup. Namun, setelah dilantik pak Sunjaya langsung diberhentikan dan diangkatlah pak Imron menjadi Plt Bupati Cirebon,” bebernya.

Terpisah, Wakil Bupati terpilih, Imron Rosadi menjelaskan, dirinya belum mengetahui secara pasti kapan dirinya dan Sunjaya akan dilantik. “Belum ada kabar kapan waktu pelantikan,” ungkapnya. (den)

Berita Terkait