Peduli Palestina, HMI Cirebon Galang Dana

HMI Cabang Cirebon menggelar aksi penggalagan dana kemanusiaan di sejumlah titik persimpangan jalan di Kota Cirebon.FOTO:NURHIDAYAT/RADAR CIREBON

CIREBON-Keprihatinan atas nasib rakyat Palestina terus disuarakan oleh berbagai kalangan. Dukungan juga digalang untuk membantu meringankan beban negara yang kini dalam kekangan negeri zionis Israel.

Salah satunya ditunjukkan oleh pengurus dan anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cirebon. Bersama pengurus dan anggota di 7 Komisariat (kepengurusan tingkat fakultas), mereka menggelar aksi penggalagan dana kemanusiaan di sejumlah titik persimpangan jalan di Kota Cirebon.

Ketua Umum HMI Cabang Cirebon Bambang Hermanto HS menuturkan, penggalangan danan kemanusiaan tersebut tak lain untuk menyuarakan rasa simpati dan solidaritas sesama manusia. Perlakuan tidak manusiawi yang dilakukan tentara zionis, kata Bambang, telah mengusik batin anggota dan pengurus yang peduli akan tegaknya Hak Asasi Manusia.

“Kita prihatin dan tidak bisa hanya berdiam diri. Walaupun hal kecil yang dapat kami lakukan setidaknya bisa membantu sekaligus menyuarakan keprihatinan atas penjajahan tersebut,” tutur Bambang kepada Radar Cirebon, Jumat (29/11).

Dikatakan Bambang, selain kepada masyarakat, pihaknya terlebih dahulu menggalang donasi kepada seluruh anggota. Hal yang sama juga akan dilakukan kepada para alumni dan Korps Alumni HMI (KAHMI). “Sebelum ke masyarakat kita ke anggota dulu menggalng donasi ini dan berikutnya ke alumni,” ucapnya.

Setelah donasi terkumpul, selanjutnya mereka akan menyalurkan bantuan tersebut melalui lembaga kemanusiaan yang telah berpengalaman menyalurkan bantuan ke Palestina serta negara konflik lainnya. Berapapun dana yang terkumpul akan disalurkan sebagai bagian dari kontribusi mereka terhadap negara yang tengah dilanda kesulitan.

Selain penggalangan dana, sebelumnya, mereka juga telah menggelar doa bersama bagi para pejuang kemerdekaan Palestina. “Kita sebagai bagian dari masyarakat dunia juga mengharapkan agar umat bersatu menyuarakan HAM dan menghentikan penindasan,” tandasnya. (day)

Berita Terkait