Paus Fransiskus Akui Skandal Korupsi Vatikan

Vatican-Pope
Paus Fransiskus. Foto: Andrew Medichini/AP

VATIKAN – Paus Fransiskus untuk pertama kalinya mengakui bahwa korupsi masih terjadi di balik dinding-dinding Kota Suci Vatikan. Dia pun memastikan praktik kotor tersebut akan diselidiki sampai tuntas.

“Jelas ada korupsi. Dengan interogasi kami akan melihat apakah mereka bersalah atau tidak. Ini adalah perbuatan tercela, tidak pantas ini terjadi di Vatikan,” kata Paus Fransiskus dalam perjalanan pulang dari Tokyo ke Roma.

Untuk diketahui, Vatikan saat ini tengah menyelidiki penyelewengan dana amal Paus alias Peter Pence. Sebagian dana tersebut diduga digunakan untuk membeli properti mewah di salah satu kawasan elite London.

Paus mengatakan, lima pejabat administrasi Vatikan telah dirumahkan terkait skandal ini. Mereka rencananya diinterogasi dalam waktu dekat. “Yang sudah terjadi memang terjadi, sebuah skandal,” ucap dia.

Meski begitu, Paus Fransiskus menilai masih ada sisi positif yang bisa diambil dari kasus ini. Menurut dia, ini adalah bukti reformasi sistem keuangan Vatikan mulai bekerja.

“Untuk pertama kalinya ada praktik kotor dibongkar Vatikan sendiri, bukan pihak luar. Mekanisme internal mulai bekerja,” ujar paus asal Argentina itu. (rmol/dil/jpnn)

Berita Terkait