Pasis Diktukpasus Gotong Royong Bersihkan Saluran Irigasi

PASIS-DIKTUKPASUS
BEBERSIH SALURAN: Siswa Diktukpasus bersama masyarakat mengadakan karya bakti bersih-bersih sampah di saluran irigasi di Blok Cidedel Desa Terusan, Kamis (14/11). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Puluhan siswa Pendidikan Pembentukan Perwira Khusus (Pasis Diktukpasus) 2019 melaksanakan karya bakti di Blok Cidedel  Desa Terusan wilayah terotorial Koramil 1602/Sindang, Kamis (14/11).

Bersama-sama masyarakat setempat, mereka melakukan aksi bersih-bersih di Halaman Masjid Jami Al Furqon serta pembersihan sampah di sepanjang saluran irigasi sekunder pertanian sejauh 250 meter.

Tak hanya warga, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Sindang, jajaran UPTD Pertanian, kuwu beserta pamong desa dan ibu-ibu TP PKK juga ikut ambil bagian dalam kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 12 siang itu.

Kegiatan karya bakti diawali dengan breafing singkat oleh Danramil 1602/Sindang, Kapten Inf Sudiyanto. Turut mendampingi Camat Ali Sukma JM MSi, Kapolsek AKP Iin Suketi dan Kuwu Terusan Mochamad Juheri.

Dandim 0616/Indramayu, Letkol CZI Aji Sujiwo SH MSi didampingi Danramil Sindang Kapten Inf Sudiyanto menjelaskan, karya bakti membersihkan sungai wujud perhatian sekaligus mendorong masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. “Terlebih, saat ini sudah memasuki musim penghujan,” ujarnya.

Pihaknya, sengaja menyasar saluran irigasi, karena di lokasi itu juga dijadikan tempat pembuangan sampah. Oleh karena itu, warga bersama para siswa Diktukpasus, sampah diangkat dari sungai dan langsung diangkut menggunakan mobil pick dan dibuang ke tempat pembuangan sementara.

Bersamaan dengan kegiatan karya bhakti, para siswa Diktukpasus juga menebar imbauan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di saluran air. Mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan agar bersih dan sehat.

Camat Sindang, Ali Sukma memberikan apresiasi terlaksananya kegiatan karya bakti siswa Diktukpasus yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Mudah-mudahan masyarakat ikut tergerak untuk menjaga aliran air disaluran irigasi tetap lancar. Minimal tidak membuang sampang di sungai,” harapnya. (kho)

Berita Terkait