Pasca Kecelakaan Maut di Kroya Indramayu, Kemenhub Mulai Serius Benahi Perlintasan KA Tanpa Palang Pintu

kendaraan-melintas-di-sisi-rel-kereta-api
TANPA PALANG PINTU: Sebuah kendaraan roda empat melewati perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Indramayu, kemarin. Kemenhub akan membenahi perlintasan secara bertahap. FOTO: UTOYO PRIA ACHDI/RADAR INDRAMAYU

Meski demikian, Prayudi mengatakan, kalau saat ini ada keseriusan untuk melakukan aksi tersebut. Rencananya Kementerian Perhubungan akan memanfaatkan sumber daya yang ada, yaitu bekas pintu perlintasan yang telah ditutup.

“Di Jakarta kan kami menutup beberapa perlintasan karena sudah diganti flyover dan underpass. Nah, palang itu akan kami manfaatkan untuk digunakan di perlintasan tak berpalang di Indramayu, karena biayanya lebih murah,” ujarnya.

Rencananya upaya itu akan dilakukan dalam waktu dekat. Perlintasan yang akan diberi palang diprioritaskan sesuai dengan tingkat kerawanannya. Salah satunya yakni di Kroya.

Dengan adanya palang pintu, Prayudi berharap, angka kecelakaan akibat tertabrak kereta api bisa berkurang drastis. Terlebih, Indramayu merupakan daerah rawan kecelakaan kereta api.

Saat melintas di wilayah Indramayu, kecepatan kereta api sudah memasuki kecepatan jelajah mencapai 100 kilometer per jam. Sebab, Indramayu bukanlah tempat persinggahan kereta api seperti di wilayah Cirebon.

Halaman: 1 2 3

Berita Terkait