Pasca Kecelakaan Maut di Kroya Indramayu, Kemenhub Mulai Serius Benahi Perlintasan KA Tanpa Palang Pintu

kendaraan-melintas-di-sisi-rel-kereta-api
TANPA PALANG PINTU: Sebuah kendaraan roda empat melewati perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Indramayu, kemarin. Kemenhub akan membenahi perlintasan secara bertahap. FOTO: UTOYO PRIA ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Perlintasan kereta api (KA) tanpa palang pintu di Kabupaten Indramayu jumlahnya cukup banyak dan kerap menimbulkan korban kecelakaan. Tak heran perlintasan ini akan dibenahi.

Sedikitnya ada 24 perlintasan yang menjadi fokus perhatian. Perlintasan tersebut dinilai rawan karena banyak memakan korban jiwa.

Kasubdit Peningkatan dan Rekayasa Keselamatan Penumpang Direktorat Jenderal Perkeretaapaian Kementerian Perhubungan Prayudi mengatakan, keseluruhan perlintasan tak berpalang di Indramayu ada sebanyak 42. Menurutnya, pembenahan akan dilakukan bertahap terhadap 24 titik tersebut.

Sebab, pembenahan belum bisa dilakukan secara keseluruhan karena terbentur dana yang cukup besar. Untuk membangun satu palang pintu dibutuhkan dana Rp 2 miliar. “Itu belum termasuk dengan bangunannya,” tandasnya.

Baca: 

Sekeluarga Tewas Korban Kecelakaan Kereta Jayabaya Hendak Piknik

Innalillahi, Korban Kecelakaan Kereta Jaya Baya Ada Ibu Hamil yang Bayinya Keluar dan Meninggal

Polisi Ungkap Kronologi Kecelakaan Minibus Terios dan KA Jayabaya, Fakta Mengejutkan

Biaya yang mahal itu membuat pemerintah tak berdaya memperbaiki dan membangun pintu perlintasan. Tak heran, proses pembenahan itu berjalan lambat.

Halaman: 1 2 3

Berita Terkait