Panitia 11 dan BPD Harus Netral dalam Pilkades

camat-ingatkan-panitia-11
HARUS NETRAL: Camat Leuwimunding Iwan Dirwan SSTP menegaskan agar panitia 11 bersikap netral dalam menjalankan tugas dan fungsi pada Pilkades serentak. FOTO: ONO CAHYONO/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Camat Leuwimunding, Iwan Dirwan menegaskan Panitia 11 dan BPD masing–masing desa harus memiliki sikap netral agar Pilkades tercipta aman dan nyaman. Hal tersebut diungkapkan camat saat pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Leuwikujang, Jumat, (9/8).

Camat Iwan mengatakan dalam pembentukan panitia Pilkades ini, diharapkan seluruh BPD dan panitia bersifat netral dan tidak menjadi tim sukses di intern panitia. “Kami berharap kepada panitia pilkades, agar tidak ikut menjadi tim sukses. Ini agar Pilkades 2 November mendatang berjalan aman dan tenang,” harapnya.

Netralitas tersebut juga dibutuhkan agar tidak terjadi indikasi kecurangan dalam pemilihan kepala desa. Masyarakat harus ikut andil dalam menjaga suasana agar tidak ada kegaduhan di setiap desa yang menyelenggarakan pilkades serentak.

Disebutkan mantan kepala bidang pendapatan BKAD ini, ada lima desa yang akan menyelenggarakan pilkades di Leuwimunding. Di antaranya Desa Heuleut, Patuanan, Mirat, Leuwikujang, dan Leuwimunding.

Usai pembentukan panitia 11 baru kemudian mulai tahapan administrasi lainnya seperti pembukaan pendaftaran calon kepala desa, kampanye, dan penyampaian visi misi calon hingga proses demokrasi yakni pilkades serentak.

Dalam penjaringan hingga pembentukan panitia 11 tersebut, pihaknya tetap mengacu kepada Perbup nomor 5 tahun 2015 tentang penyelenggaraan pilkades. Ada sejumlah unsur di antaranya pamong desa, lembaga desa, tokoh masyarakat, pemuda, dan keterwakilan dari masing-masing blok atau dusun.

“Pembentukan ini hasil proses penjaringan dari semua unsur dan keterwakilan dari masing-masing blok atau lembaga. Ada sebagian pos diisi oleh keterwakilan wanita. Kami tetap mengacu pada aturan yang berlaku sebagaimana regulasi ditetapkan. Kami tetap imbau agar panitia 11 tetap netral,” tukasnya. (ono)

Berita Terkait