Pameran Alutsista TNI AL di Grage City Mall Diserbu Warga, Takjub Melihat dari Dekat

Gelaran pameran alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI AL di Grage City Mall (GCM) menyedot perhatian masyarakat. Tidak sedikit warga datang secara khusus untuk melihat langsung berbagai peralatan tempur dan miniatur kapal perang.

NURHIDAYAT, CIREBON

RATUSAN warga menyempatkan diri berfoto di samping peralatan tempur yang menjadi alat pertahanan untuk menjaga kedaulatan NKRI tersebut. Mereka juga membawa serta anggota keluarga dan anak-anak sebagai ajang pengenalan dan edukasi tentang dunia militer.

Salah satu pengunjung, Fuji Lestari mengatakan, sengaja datang dari tempat tinggalnya di Klangenan Kabupaten Cirebon untuk menyaksikan berbagai alat tempur yang selama ini hanya dilihat di internet. Mahasiswa Stikes Muhammadiyah itu mengaku takjub dengan kelengkapan alat dan kendaraan perang yang dimiliki TNI AL.

“Senang sekali ya bisa lihat langsung. Nggak nyangka kalau aslinya sebesar ini. Kalau kita lihat di komputer kan kayaknya ukurannya kecil. Takjub lah,” ucapnya.

Fuji yang datang bersama kakak kandungnya berharap agar kegiatan serupa dapat digelar secara rutin. Ini sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat jika Indonesia sangat serius menjaga kedaulatan negara dibuktikan dengan sistem persenjataan yang dimiliki.

“Jadi semakin cinta dan bangga menjadi warga Indonesia. Karena selama ini kita merasa kecil dan ternyata bisa dibanggakan dari segi persenjataan dibanding negara lain,” katanya.

Senada, Tatang warga Kota Cirebon mengaku terkesan dengan apa yang ditampilkan dalam pameran alutsista tersebut. Ia yang mengajak putra semata wayangnya merasa senang karena dapat mengenalkan dunia militer kepada sang putra.

“Dia senang banget bisa berfoto dan berkenalan dengan prajurit marinir. Sempat lihat senjatanya juga. Ya mudah-mudahan anak saya bisa tertarik dan menjadi anggota TNI AL ya,” ucap dia.

Sementara itu, Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut Agung Nugroho mengatakan, pameran alutsista merupakan salah satu bentuk kegiatan pelatihan bela negara. Dengan tujuan agar masyarakat khususnya generasi muda dapat mengetahui kekuatan pertahanan sehingga dapat lebih mencintai bangsa dan negaranya sendiri.

Beberapa alat tempur yang akan dipamerkan di antaranya didatangkan langsung dari Batalion Resimen Kavaleri Marinir TNI AL Jakarta berupa kendaraan tempur BTR 4, Multiple Laucher Rocket System (MLRS) Vampire Grad 122MM, buatan Cheko, kendaraan taktis Jip KIA, serta meriam pertahanan. Selain itu juga ditampilkan beberapa satuan elit TNI AL seperti Pasukan Intai Amfibi (Taifib) Marinir TNI AL, Komando Pasukan Katak (Kopaska) dari Armada 1, Dinas Penyelam Bawah Air TNI AL serta penerbang TNI AL dari Surabaya.

Dikatakan Agung, setelah di Grahe City Mall, hari kedua pameran akan digelar di depan Balaikota Cirebon Jalan Siliwangi atau yang biasa digunakan untuk area bebas kendaraan atau Car Free Day. “Kita pilih dua tempat ini agar masyarakat bisa memilih mau hadir di lokasi yang mana sesuai dengan jarak terdekat dengan tempat tinggalnya,” kata Agung.

“Berdasarkan pengalaman, sebenarnya keingintahuan masyarakat sangat besar tentang TNI AL dan semua tentang aktivitasnya di laut atau samudera. Tetapi mereka bingung mau tanya ke mana. Makanya kami gelar kegiatan ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat khususnya generasi muda, dan lebih khusus lagi bagi mereka yang ingin mengabdi kepada negara dengan cara menjadi anggota TNI AL,” tuturnya.

Dikatakan Agung, kegiatan lain yang berkaitan dengan pelatihan bela negara yakni kegiatan pembinaan mental juang remaja bahari, pelayaran nusantara, Joy Selling, penyuluhan serta kegiatan pembinaan olahraga maritim. Kegiatan-kegiatan tersebut lebih banyak melibatkan warga pesisir Kota dan Kabupaten Cirebon.

“Dan ini ada kaitannya dengan hari armada yang mengusung tema Armada sebagai pengawal samudera siap mewujudkan prajurit pejuang bermoral dan militan. Ini selaras dengan visi pemerintah untuk mewujudkan SDM unggul, profesional dan siap beraaing di era golobagisasi,” tandasnya. (*)

Berita Terkait