Pagar PAUD Formal dan TK Negeri Lemahabang Ambruk

AMBRUK: Tembok pagar PAUD dan TK Negeri Kecamatan Lemahabang ambruk. Diduga, penyebab ambruknya bangunan yang baru berumur sekitar satu tahun tersebut, karena cuaca buruk.FOTO: ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON – Pagar komplek bangunan PAUD Formal dan TK Negeri Lemahabang di Desa Cipeujeuh Wetan ambruk. Padahal, pagar tersebut belum lama dibangun dan kondisinya masih relatif baru.

Rini Sumarni, salah satu pengajar di sekolah itu menyebut, kejadian ambruknya pagar tersebut pada Sabtu (11/1). Saat itu, cuaca memang sedang buruk. Terlebih, selama tiga hari terakhir sering hujan besar.

“Tidak ada korban. Ambruknya sekitar hari Sabtu. Sudah dilaporkan ke Disdik juga,” ujarnya, kemarin (13/1).

Sementara itu, Wasta pelaksana pekerjaan pembangunan pagar keliling sekolah tersebut kepada Radar Cirebon menuturkan, dari hasil pengecekan dan investigasi, peristiwa ambruknya pagar diduga disebabkan cuaca ekstrem.

“Sebelum kejadian kan hujan besar tiga hari berturut-turut. Aliran pembuangan tepat di samping fondasi. Akhirnya, mungkin membuat tanah labil dan fondasi menjadi rapuh dan akhirnya ambruk,” jelasnya.

Bagian pagar yang ambruk tersebut, menurut Wasta, sepanjang 18 meteran. Diakuinya, meskipun masa garansi dari pagar tersebut sudah lama habis, namun pihaknya sebagai pelaksana akan bertanggung jawab penuh dan akan membangun kembali bagian tembok yang ambruk.

“Kalau garansi kan berlaku enam bulan. Ini sudah lewat jauh. Umur bangunannya sekarang setahun lebih. Tapi sebagai tanggung jawab kami dari pengembang, ini akan kita bangun ulang. Kita tidak bisa menyalahkan alam. Akan kita bangun kembali bagian yang ambruk,” imbuhnya. (dri)

 

Berita Terkait