Nony Andilah, Profil Pebiliar Cantik Kota Cirebon yang Berlaga di SEA Games

Nony-Krystianti-Andilah-pebiliar-cantik
Nony Krystianti Andilah menempati deretan pebiliar top di Indonesia.FOTO:TATANG RUSMANTA/RADAR CIREBONNony Krystianti Andilah menempati deretan pebiliar top di Indonesia.FOTO:TATANG RUSMANTA/RADAR CIREBON

CIREBON – Nony Krystianti Andilah menempati deretan pebiliar top tanah air. Profil pebiliar cantik Kelahiran Cirebon, 23, November 1995 sangat menarik. Termasuk kiprahnya di SEA Games Filipina 2019.

Nony adalah peraih emas Porda Jabar XII/2014. Langkah Nony di olahraga biliar dimulai dari sebuah rumah biliar di Jl Pulasaren, Kota Cirebon. Nony baru duduk di bangku kelas lima sekolah dasar saat pertama kali memainkan cue (stik biliar).

Waktu itu ibunya, Mirah Marlina dan sang ayah, Yudi Andilah, mengelola kantin di sebuah rumah biliar milik mantan Ketua Umum POBSI Jawa Barat, Wiharto. “Awalnya sih coba-coba aja. Terus Pak Ook (sapaan karib Wiharto) kasih kesempatan saya untuk pelajari lebih serius,” tutur bungsu dari enam bersaudara tersebut.

Baca Juga: 

Sejak saat itu Nony semakin jatuh cinta pada permainan bola sodok. Sepulang sekolah bukan bermain dengan teman-teman sebayanya, Nony lebih memilih untuk serius berlatih biliar. Beberapa tahun kemudian, dia sudah mampu mencuri perhatian di arena Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat.

Pada 2010 Nony menjalani debutnya di Porda yang berlangsung di Kota Bandung. Saat itu usianya baru 14 tahun. Masih berstatus pelajar SMP. Namun, berkat kegigihannya berlatih, Nony langsung berhasil naik ke podium juara. Dia rebut medali perunggu di pesta olahraga tingkat provinsi tersebut.

Baca Juga: 

Prestasi demi prestasi pun diraih. Pada tahun 2012 dia dipercaya membela kontingen Jawa Barat di Pekan Olahraga Nasional (PON) yang dihelat di Riau. Nony berhasil menyumbangkan satu medali perak. Pada Porda Jabar XII/2014 di Kabupaten Bekasi dia meraih 1 medali emas dan 2 perak. Lalu merebut medali perunggu pada PON XIX/2016.

Nony juga sempat dikirim ke Kejuaraan Dunia Amway Spring Woman World 9 Ball Open 2016. Kemudian di ajang Lion Cup 2019 di Singapura, Nony hampir mencapai final. Sayang sebelum menjejakan kaki di partai puncak, dia dikalahkan pebiliar putri tuan rumah, Charlene, dengan skor 4-8. (yud/mid)

Berita Terkait