Mutasi Jabatan, Sekdis PUPR dari Luar Dinas

ILUSTRASI

CIREBON-Rotasi, promosi dan mutasi masih menunggu surat rekomendasi dari Gubernur Jawa Barat, khususnya untuk jabatan camat. Sementara untuk posisi sekretaris dinas (sekdis) yang dibeberapa dinas kosong, masih belum banyak terungkap nama-nama yang bakal muncul.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon Syaroni ATD MT mengatakan, posisi sekdis di dinas yang dipimpinnya masih dikonsultasikan dengan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD).

Ia menampik informasi bahwa kandidat sekretaris berasal dari internal. Sebab, untuk mengajukan dari DPUPR dirasa tidak memungkinkan. Karena dari empat kabid yang ada semuanya baru diangkat beberapa bulan yang lalu.

“Sekdis inikan eselon IIIa, eselon dibawahnya yaitu IIIb setingkat kabid bisa dipromosikan. Masalahnya, para kabid ini belum lama menjabat. Belum memungkinkan untuk naik lagi dalam waktu singkat,” ujarnya kepada Radar Cirebon.

Dari konsultasi dengan BKPPD, diberikan arahan untuk mengusulkan sekdis dari luar DPUPR. Diakui Syahroni, pihaknya sudah mengantongi nama yang sesuai persyaratan dan layak untuk diusulkan. Namun dia belum bersedia menyebutkan nama. “Iya sudah ada nama untuk diusulkan. Yang pasti dia sudah senior di eselon III dan yang penting nantinya bisa diajak kerjasama,” terangnya.

Sementara informasi yang didapat wartawan koran ini, ada sekdis yang sudah menjabat selama lebih dari lima tahun. Seharusnya, dalam kurun waktu tersebut ada evaluasi dari atasannya. Pasalnya, bila terlalu lama menjabat, proses promosi atau pengembangan karir ASN di dinas itu mandek.

Salah seorang bawahan sekdis tersebut mengungkapkan, sudah dua kali kadis berganti sekdisnya tetap. Bahkan sepertinya sekdis yang lebih berperan dari kadisnya. Selain itu, sang sekdis terlalu ikut campur dalam pelaksanaan tugas teknis para kabid. “Kami merasakan situasi kerja kurang kondusif. Sudah waktunya ada penyegaran di dinas kami,” pintanya. (gus)

Berita Terkait