Mulai 6 Desember, Claudia Tur Konser Keliling Jerman

Claudia Emmanuela Santoso

CIREBON-Indonesia punya sosok kebanggaan baru. Dia adalah Claudia Emmanuela Santoso. Gadis Cirebon itu terpilih sebagai jawara ajang The Voice of Germany 2019 dalam babak final pada Minggu malam (10/11) waktu setempat.

Audi –sapaan akrabnya– berhasil menyisihkan empat finalis lain dalam acara yang berlangsung di Studio Adlershof, Berlin. Kemenangan Audi pertama diumumkan lewat akun Instagram The Voice of Germany Senin pagi (11/11). “Selamat kepada Claudia Emmanuela Santoso yang memenangkan sesi ke-9 The Voice of Germany.” Demikian isi caption di bawah foto Audi yang membawakan lagu I Have Nothing dari mendiang Whitney Houston.

Saat final, Audi tampil tiga kali. Pertama, dia menyanyi solo membawakan I Have Nothing. Begitu selesai, penyanyi Alice Merton –mentor Audi– langsung berlari ke panggung. Merton memeluk Audi dengan bangga.  Sang host Lena Gercke lantas mengajak Audi mendekat kepada empat juri. Penampilan gadis 19 tahun itu bikin terpana keempat juri dan Gercke. “Aku enggak bisa ngomong apa-apa. Ini pertunjukan luar biasa,” kata Gercke.

Audi ikut speechless setelah tampil. Saat Gercke bertanya bagaimana perasaannya, gadis yang tengah belajar musik di Munich itu tidak bisa menjelaskan. Yang pasti, seluruh juri dan audiens riuh memberikan sorakan dan tepuk tangan.

Selain tampil solo, Audi berduet. Pertama, dia tampil bersama Merton membawakan lagu Goodbye. Lantas, Audi juga berduet dengan penyanyi Freya Ridings dalam lagu Castles. Sama dengan penampilan solonya, penampilan duet Audi mengesankan juri dan audiens di studio.

Penampilan Audi merebut hati para voters. Di akhir acara, gadis yang sudah 1,5 tahun berada di Jerman itu meraih voting tertinggi sebanyak 46,39 persen. Beda jauh dengan perolehan juara kedua, Erwin Kintop, yang hanya mendapat 17,36 persen.

Audi rupanya masih terkejut dan tidak bisa berkata-kata setelah diumumkan sebagai pemenang. “Aku enggak pernah nyangka bisa menang,” ujar Audi sebagaimana dikutip Augsburger Allgemeine.

Merton sebagai mentor Audi pun bangga. Dia menilai bahwa voters sudah menentukan pemenang yang tepat. “Aku senang karena banyak orang yang melihat dan merasakan yang aku rasa,” kata Merton. Sejak babak blind auditions hingga final, penampilan Audi memang selalu memukau juri. Bahkan, raper Sido –salah satu juri dan mentor– pernah menyebut Audi sebagai “penyanyi terbaik di dunia.”

Halaman: 1 2

Berita Terkait