MoU Pemkab Cirebon dengan BNI Program Perlindungan PMI

Foto: Ilmi Yanfa Unnas/ Radar Cirebon
ilmi-penandatanganan MOU (7)

CIREBON – Kini, berangkat kerja ke luar negeri menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI), tidak harus memiliki anggaran cukup. Karena Pemkab Cirebon telah bekerja sama dengan salah satu bank BUMN, agar bisa mengucurkan kredit untuk penempatan calon pekerja migrant dari Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut terungkap saat penandatanganan MoU Pemkab Cirebon dengan BNI, Kamis (29/8). Pemkab Cirebon melakukan kerja sama dengan BNI yang salah satunya tentang program perlindungan pekerja migran Indonesia (PMI).

Plt Bupati Cirebon Drs H Imron MAg kepada Radar Cirebon mengatakan, dengan adanya kerja sama ini, maka akan memudahkan warga Kabupaten Cirebon bisa bekerja di luar negeri. “Ini sangat meringankan. Beban para calon TKI atau PMI. Dan ini bisa memberantas praktek percaloan PMI,” tuturnya.

Meskipun semakin mempermudah bekerja di luar negeri, Imron meminta agar warga Kabupaten Cirebon yang ingin bekerja di luar negeri, harus selalu mentaati aaturan yang berlaku. “Saya imbau kepada masyarakat, bagi yang berminat ke luar negeri, senantiasa dalam proses ke luar negeri agar berpedoman pada UU yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Head of Network and Services BNI Kanwil Bandung, Oktovianus Pardede menyampaikan, melalui sinergi nyata antara pemerintah dengan BNI tentang program ini, diharapkan dapat memberi manfaat yang optimal.

“Dukungan kami, melalui beberapa kerja sama, penyimpanan dan pengelolaan dana, kita fasilitasi juga pinjaman kredit usaha rakyat untuk penempatan pekerja migran maupun calon migrannya. Dan KUR mikro untuk pemberdayaan PMI dan keluarganya,” tuturnya.

Pihaknya akan terus berkomitmen untuk melakukan program penempatan dan perlindungan serta pemberdayaan PMI, baik dengan pemerintah pusat maupun daerah.

“Atas nama managemen BNI kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon dan semua pihak yang sudah mendukung kegiatan ini,” ungkapnya .(den)

Berita Terkait