Mesin Daur Ulang Sampah Tiba di Cirebon

Sampah
Mesin daur ulang sampah diterima DLH Kota Cirebon, Senin (13/1). FOTO:ABDULLAH/RADAR CIREBON

CIREBON-Mesin pendaur ulang sampah bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah tiba di Kota Cirebon. Mesin pendaur ulang disimpan di gedung pendaur ulang sampah di Dukuhsemar, Kecamatan Harjamukti.

Staf Pengelolaan Sampah KLHK, Rafi Nur menjelaskan, bantuaan mesin pendaur ulang sampah yang tiba di Kota Cirebon sebanyak 11 unit, diantaranya  conveyor 3 unit, conveyor feeder 1 unit, mesin kompos 1 unit, ayakan 2 unit, mesin press hidrolik 1 unit, mesin cetak butiran 2 unit, dan fermentasi 1 unit.

Untuk selanjutnya, akan dilakukan perakitan mesin langsung oleh teknisi. Selain itu, akan dilakukan pelatihan tentang tata cara pengoperasian mesin. “Mesin pengelolaan sampah ini bisa untuk sampah organik dan anorganik, kecuali linbah cair tidak bisa,” bebernya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup, Gandi SSTP MSi mengatakan, DLH akan menyediakan operator. Selain itu, akan membentuk satuan kerja.  “Ini baru tiba hibah dari kementerian. Kapasitasnya 5 ton perhari, dan akan dipisah pisah untuk organik dan anorganik,” bebernya. DLH sudah menyiapkan 5 unit motor untuk pengakutannya. (abd)

Berita Terkait