Manfaatkan Musim Kemarau dengan Budidaya Sayuran

PETANI KREATIF: Petani di Kecamatan Anjatan menanam sayuran di musim kemarau memanfaatkan pekarangan rumah yang kosong. FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR CIREBON
PETANI KREATIF: Petani di Kecamatan Anjatan menanam sayuran di musim kemarau memanfaatkan pekarangan rumah yang kosong.FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR CIREBON

INDRAMAYU – Musim kemarau yang mengakibatkan debit air berkurang tidak menghalangi petani-petani kreatif untuk bercocok tanam. Seperti dilakukan sejumlah petani di wilayah Kecamatan Anjatan.

Memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah, mereka tetap melakoni usaha dengan menanam berbagai jenis sayur mayur. Tanaman yang dipilih yaitu yang tetap bisa tumbuh meski suplai air minim.

Berbagai jenis tanaman yang menjadi pilihan para petani itu antara lain kangkung, bayam, terong, pare dan singkong yang relatif membutuhkan sedikit air. “Yang mudah tumbuh dan bisa cepat dipanen,” ucap Andi, warga Desa Anjatan Utara, Kecamatan Anjatan, kemarin.

Tak hanya untuk konsumsi sendiri, hasil budidaya sayuran miliknya diminati warga lain sehingga bisa menambah penghasilan diluar bertanam padi.

Petani lainnya, Mamang mengatakan, sejak dua bulan lalu memulai menanam berbagai jenis sayuran di samping rumahnya, sembari menunggu pasokan air untuk kebutuhan tanaman padi.

Saat ini bertepatan dengan bulan puasa dan musim lebaran sebagian tanaman sayurannya sudah mulai dipanen. “Sebagian dijual. Syukurlah harga sayuran cukup tinggi karena banyak permintaan konsumen,” tuturnya. (kho)

 

Berita Terkait