Manado-Sulut Diguncang 122 Kali Gempa Susulan

Gempa-Manado-Sulut
Warga Manado terpantau berkumpul di Jembatan Kuning dekat portal masuk kawasan Mega Mas. (Rei/MPID)

MANADO – Gempa berkekuatan magnitudo 7,1 yang mengguncang Sulawesi Utara dan Maluku Utara, diikuti dengan serangkaian gempa susulan. Gempa tektonik itu, tercatat telah terjadi sampai 122 kali dengan getaran yang dirasakan lebih rendah.

informasi-gempa-bmkg
Informasi Gempa Susulan di Maluku Utara dan Sulawesi Utara.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Manado, Edward Henrry Mengko mengatakan, magnitudo gempa susulan bervariasi mulai dari 3,1 sampai dengan 6,1. “Gempa susulan tidak berpotensi tsunami,” kata Edward, seperti dikuti dari manadopost.id

Baca juga: 

BMKG Belum Cabut Peringatan Dini Tsunami, Daerah Ini Berstatus Waspada

Manado-Sulut Diguncang 4 Gempa Susulan

Minahasa Utara dan Bagian Selatan Sulut Waspada Tsunami

Gempa Magnitudo 7,4 Dirasakan hingga Manado, Gorontalo, Ternate dan Buol

Gempa 7,4 M Guncang Maluku dan Sulawesi Utara, Berpotensi Tsunami

Mengacu pada informasi BMKG, gempa susulan terkuat terjadi sekitar pukul 05.12 WITA dengan magnitudo 6,1. 1.66 LU 126.36 BT 139 km BaratLaut Jailolo-Mauluku Utara dengan kedalaman 10 kilometer.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono meminta masyarakat tetap waspada terhadap gempa susulan.

Ia menambahkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya deformasi atau penyesaran dalam Lempeng Laut Maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Bitung dan Manado IV-V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun), Gorontalo dan Ternate III-IV MMI (Dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), di Buol II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Kepada masyarakat diimbau agar:

  1. Sehubungan dengan Peringatan Dini Tsunami telah dinyatakan berakhir maka bagi daerah yang mendapatkan Peringatan Dini tersebut dapat kembali ke tempat masing-masing. Namun demikian masyarakat agar tetap waspada terhadap gempabumi susulan.
  2. Tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  3. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.
  4. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. (yud/mpid)

Berita Terkait