Majalengka Siapkan Masterplan Pengembangan TIK

smart-city-mobile-phone
Ilustrasi. Foto: Pixabay.com

MAJALENGKA – Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui Dinas Kominfo Kabupaten Majalengka menggelar Focus Group Discussion (FGD) penyusunan masterplan pengembangan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi). FGD diikuti seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Relawan TIK (RTIK) di Aula RM Tiga Dara, Selasa (15/10).

“Dengan adanya Bandara Kertajati kita akan melakukan penyusunan masterplan pengembangan TIK Kabupaten Majalengka ke depan,” kata Sekdis Dinas Kominfo Kabupaten Majalengka Wawan Sarwanto.

Langkah ini, kata dia, sebagai salah satu upaya penerapan Smart City. Diskominfo, kata dia, berupaya agar dengan konsep Smart City, semua sistem terintegrasi.

“Misalnya ingin mengetahui PAD, dan lainnya tinggal klik. Selama ini masih parsial seperti e-budgeting dan aplikasi pelayanan di RSUD,” tambah Wawan.

Wawan mengungkapkan pihaknya akan membangun pusat data atau command center. Sehingga nantinya seluruh data bisa didapat dengan satu klik yang real time.

“Bupati dan masyarakat bisa melihat itu tinggal klik data apa pun yang dibutuhkan ada,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Sarana dan Prasarana RTIK Kabupaten Majalengka Herry Supriyadi berharap masterplan yang akan dibangun bisa meningkatkan kinerja pelayanan. Selain itu diharapkan sistem itu lebih baik, efesien dan efektif serta sesuai kebutuhan di Kabupaten Majalengka.

Ketua RTIK Majalengka Budi Victoriadi berharap kerja sama Pemkab Majalengka dengan RTIK Majalengka lebih baik dan sinergis.

“Bila perlu dibuatkan surat edaran agar SDM tenaga ahli dari luar bisa melalui RTIK sebagai mitra pemerintah daerah,” tandasnya (ara)

Berita Terkait