Majalengka Masih Andalkan Kerajinan Rotan

INDUSTRI-ROTAN-CIREBON
Industri rotan. Foto: Ilmi Yanfaunnas/Radar Cirebon

MAJALENGKA – Dinas Perdagangan Kabupaten Majalengka masih tetap mengandalkan produk kerajinan rotan dalam mempromosikan Majalengka ke berbagai daerah hingga mancanegara. Kepala bidang Pengembangan Perdagangan, Ucup Supriadi mengatakan, tengah melakukan berbagai persiapan untuk kegiatan pameran ekspo baik di daerah sendiri hingga disejumlah kota di tanah air.

“Untuk Majalengka sendiri, kami masih tetap mengandalkan kerajinan rotan selain genting asli Kota Angin. Setiap tahunnya kami mempersiapkan untuk pameran di sejumlah daerah di Indonesia,” terangnya, kemarin.

Menurutnya, setiap tahun Majalengka selalu mendapatkan kesempatan untuk memperluas pangsa pasar di Indonesia melalui produk-produk unggulan yang terus dikembangkan. Terlebih pameran setiap tahun merupakan kesempatan terbaik sebagai ajang promosi berskala internasional. Karenanya, pihaknya berupaya terus memperkenalkan eksistensi dan potensi Majalengka.

“Setiap kegiatan pameran diikuti oleh ratusan perusahaan dalam negeri serta negara Asia hingga Eropa. Pemkab Majalengka melalui Dinas Perdagangan berupaya mempromosikan kerajinan rotan yang diwakili oleh sejumlah perusahaan,” imbuhnya.

Beberapa kerajinan rotan andalan Majalengka di antaranya dari Desa Rajawangi Kecamatan Leuwimunding, serta sejumlah desa di kecamatan Sindangwangi. Adapun industri genting tetap mengandalkan kearifan lokal masyarakat Jatiwangi. Pihaknya menyatakan jika produk unggulan berupa kerajinan rotan dan genting dari Majalengka sudah dikenal berbagai negara.

Bahkan setiap pameran yang digelar setiap tahunnya, stand Kota Angin selalu dikunjungi pengunjung lokal maupun mancanegara.

“Sasaranya tentu meningkatkan ekspor unggulan Kota Angin seperti kerajinan rotan dan furniture rotan serta genting. Hasil karya tangan warga pada sejumlah industri tersebut tidak pernah absen setiap tahunnya,” klaimnya. (ono)

Berita Terkait