Majalengka Jadi Jantung Segitiga Rebana, Kuncinya di Tol Cisumdawu

METLAND
OPTIMIS: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ketiga dari kiri), Bupati Majalengka Karna Sobahi (kedua dari kiri) dan Wakil Bupati Tarsono D Mardiana (kiri) dalam pelatakan batu pertama hotel Horison Ultima Kertajati. Foto: Azis Muhtarom/Radar Majalengka

MAJALENGKA – Gubernur Jawa Barat HM Ridwan Kamil menyatakan, kawasan segitiga emas Rebana yang meliputi area Cirebon, Patimban, dan Kertajati (Majalengka), bakal menjadi zona futuristik Jawa Barat. Kuncinya, beroperasinya Tol Cisumdawu yang menghubungkan Cileunyi ke Kertajati.

Hal tersebut diungkapkan gubernur saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Hotel Horison Ultima Kertajati, Rabu (11/9). Emil (sapaan Ridwan Kamil) melihat kemajuan kawasan tersebut tinggal menunggu waktu. Sebab ketiga kawasan tersebut akan menjadi magnet investasi.

“Masa depan Jawa Barat saya ramalkan akan hadir di kawasan (rebana) ini. Jantungnya di Majalengka. Tidak ada kawasan yang terintegrasi seperti di sini. Pelabuhan dan bandara internasional berdekatan. Jadi nanti semua energi investasi akan lari ke sini, tinggal tunggu kuncinya saja yakni rampungnya Cisumdawu,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, pendirian salah satu hotel bintang empat di kawasan Kertajati ini, dianggap sebagai sebuah kick off realisasi dari konsep kawasan segitiga emas Rebana yang selama ini digaung-gaungkan dirinya.

“Sebetulnya (investor) sudah ngantre, tapi saya tahan dulu karena Rebana ini akan dijadikan kawasan futuristik. Bukan industri. Jangan sampai seperti di daerah lain sudah telanjur berdiri pabrik-pabrik tanpa penataan dan perhatian pada kawasan ruang publik,” sebutnya.

Dia berharap, jika kawasan ini berkembang, investor harus mendahulukan tenaga kerja dari warga lokal. Sehingga, taraf hidup masyarakat sekitar akan naik.  (azs)

Berita Terkait