Mahasiswa Ngabakti di Desa Padabeunghar

ngabakti
Uniku menggelar program Mahasiswa Ngabakti di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan.FOTO:AGUS PANTHER/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Dengan mengusung tagline Satu Langkah Kecil untuk Kebersamaan di Bulan Suci Ramadan, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Hima PBI FKIP) Universitas Kuningan berkumpul di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan. Mereka menggelar kegiatan dengan nama Mahasiswa Ngabakti di desa tersebut Sabtu (19/5) lalu.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs Uri Syam SH MH, didampingi Sekretaris YPSAK Drs Djudjun Djuanda dan Bendahara YPSAK Endi Syaiful Rakhman SH, Wakil Rektor III Uniku Ilham Adhya MSi dan pejabat rektorat lainnya.

Ketua Pelaksana Mahasiswa Ngabakti, Doni Hendriyan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program kerja Hima PBI FKIP Uniku periode 2018–2019. “Kegiatan ini merupakan bagian dari proker Hima PBI FKIP Uniku periode 2018–2019. Kalau dulu itu bernama bakti sosial, tetapi sekarang berganti nama menjadi mahasiswa ngabakti. Pada dasarnya, intinya sama saja tujuan utamanya adalah menjalankan tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Di dalam kegiatan tersebut, kata dia, akan diisi dengan berbagai agenda acara. Seperti pesantren kilat, penyuluhan kesehatan, pemberian santunan bagi anak yatim piatu, pembelajaran bahasa inggris, bagi-bagi takjil, bagi-bagi sembako dan buka bersama.

“Kegiatan Mahasiswa Ngabakti yang akan berlangsung selama dua hari satu malam itu, diisi dengan berbagai acara. Antara lain pesantren kilat, penyuluhan kesehatan, pemberian santunan bagi anak yatim piatu, pembelajaran bahasa Inggris, bagi-bagi takjil, bagi-bagi sembako dan buka bersama. Pada intinya kita pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Wakil Rektor III Uniku Ilham Adhya MSi sangat mendukung kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat bagi mahasiswa itu sendiri. Dan juga bagi masyarakat Padabeunghar. “Terima kasih kepada para pengurus Hima yang telah mempersiapkan kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Saya sangat apresiasi dan saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas keberhasilannya menyelenggarakan kegiatan yang positif dan bermanfaat itu,” papar dia.

Ilham juga menjelaskan, Uniku di awal bulan Ramadan 1439 Hijriyah ini mendapatkan kabar bahagia yaitu terakreditasi Uniku dengan nilai “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor 97/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2018 tentang status akreditasi dan peringkat terakreditasi perguruan tinggi Universitas Kuningan (Uniku).

“Alhamdulillah memasuki awal bulan suci Ramadan ini, akhirnya Uniku terakreditasi B oleh BAN PT dengan nomor 97/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2018 tentang status akreditasi dan peringkat terakreditasi perguruan tinggi Universitas Kuningan (Uniku). Perlu diketahui bersama, Uniku ini merupakan salah satu perguruan tinggi ke 39 yang sudah terakreditasi di Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten,” terang Ilham.

Sedangkan Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK), Drs Uri Syam SH MH mengucapkan terima kasih kepada kepala Desa Padabenghar Kecamatan Pasawahan yang telah memberikan izin bagi mahasiswa dan mahasiswi kami untuk menggelar kegiatan Mahasiswa Ngabakti di desa yang dipimpinnya.

“Betapa besar perhatian kami kepada Desa Padabenghar. Terima kasih saya sampaikan atas penerimaan dan izinnya kepada mahasiswa dan mahasiswi kami yang akan melaksanakan kegiatan Mahasiswa Ngabakti di Desa Padabenghar,” ungkap mantan anggota DPRD Kabupaten Kuningan tersebut.

Kepala Desa Padabenghar, Samad mengatakan, sangat bangga desanya dijadikan lokasi kegiatan Mahasiswa Ngabakti. “Kami sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Uniku. Tentu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Padabeunghar. Apalagi sekarang ini bulan Ramadan, di mana diwajibkan untuk banyak berbuat baik,” pungkasnya. (ags)

Berita Terkait