Layanan Air Ledeng Kembali Dikeluhkan Warga

air pdam
ILUSTRASI-Air PDAM Mati

CIREBON-Layanan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Giri Nata kembali dikeluhkan masyarakat. Khususnya mereka yang tinggal di Kawasan Majasem, Kota Cirebon. Sudah dua hari terakhir air ledeng mati total.

Kondisi demikian juga dikeluhkan masyarakat di Perumahan Puri Taman Sari. Lantaran tak bisa mencuci, mereka terpaksa mengirim baju kotor ke laundry.  Keluhan atas layanan Perumda Air Minum juga sempat dikeluhkan Pujo Kahono, Ketua RW 11 Bumi Kalijaga Permai Kelurahan Kalijaga. Ia menuturkan, air yang sudah sangat diharapkan warga itu tak juga ngocor. Di wilayahnya, air sekali bahkan sudah tak ngocor sama sekali sejak satu bulan terakhir.

Ia pun berharap kondisinya bisa menjadi lebih baik lagi. Air ledeng bisa segera dirasakan oleh seluruh warga di Perumahan Bumi Kalijaga Permai Barat. Pasalnya, banyak warganya yang sangat membutuhkan aliran air ledeng. “Mudah mudahan bisa segera ngocor lagi. Kasihan warga. Banyak yang membutuhkan. Karena air itu kebutuhan utaman,” ungkapnya.

Selain di Perumnas, keluhan juga dirasakan oleh warga Pagongan. Ketua RW 03 Pagongan Timur, Syarif Rahman menuturkan, sudah beberapa hari terakhir, air yang mengalir semakin kecil. Bahkan berdasarkan laporan warganya, beberapa rumah malah tidak mengalir sama sekali.

“Sekarang tambah susah. Kalau diperhatikan sekarang ngocornya kecil. Sama juga yang dirasakan tetangga lainya. Bahkan ada rumah pengurus RW kita juga yang saluran PAM di rumahnya mati sama sekali,” ucapnya.

Informasi gangguan aliran air minum sebenarnya sudah disampaikan Perumda Air Minum lewat surat nomor 1/Peng/Dist-Perumda.AM/1/2020. Disebutkan bahwa gangguan disebabkan adanya pekerjaan perbaikan pengaliran air di Jl Pangeran Cakrabuana, Kabupaten Cirebon.

Imbasnya beberapa kawasan mengalami gangguan di Jl Gunung Galunggung Permai, Komplek Ciremai Giri, Komplek Galungguh Indah, Komplek Puri Kalijaga, Komplek Kalijaga Permai, Komplek Permata Harjamukti dan sekitarnya.

Dalam surat tersebut, Perumda Air Minum menginformasikan gangguan terjadi setiap Senin dan Kamis pukul 09.30 hingga 21.00 WIB. Surat kepada pelanggan tersebut tetap mengecewakan. Meski disebutkan gangguan hanya terjadi setiap Senin dan Kamis, pada faktanya distribusi air bersih justru terganggu setiap harinya. (awr)

Berita Terkait