Lawan Luxembourg, Portugal Wajib Menang

Kualifikasi Euro 2020

luxembourg-vs-portugal-prediction-euro-qualification-17-11-2019
Luxembourg vs Portugal

LUXEMBOURG CITY – Cristiano Ronaldo sukses menjadi inspirator Timnas Portugal, saat menjamu Lithuania akhir pekan lalu. Bertindak sebagai kapten kesebelasan tuan rumah, striker Juventus itu mampu menghadirkan tiga gol dan memastikan poin penuh. Ini penting untuk guna menjaga posisi mereka di kompetisi kualifikasi Euro 2020.

Seperti diketahui, Portugal yang kalah dari Ukraina pada pertengahan Oktober lalu, hanya mampu nangkring di posisi kedua. Penyisihan Grup B, dan bersaing dengan Serbia, yang hanya kalah satu poin di bawahnya. Gagal mengamankan kemenangan atas Luxembourg, dalam laga Senin (18/11) dini hari nanti, bukanlah opsi yang dipilih oleh anak asuh Fernando Santos.

Akan tetapi, jika melihat persaingan di grup yang dikuasai Ukraina dengan 19 poin, maka posisi Portugal yang akan bertamu ke Stadion Josy Bartel, Luxembourg City, bisa dipastikan aman. Pasalnya, seperti juga Lithuania, tuan rumah Luxembourg, dalam lima laga terakhirnya belum sama sekali mencatatkan kemenangan. Empat di antaranya adalah kekalahan beruntun.

Sementara di sisi lainnya, Selecao das Quinas, julukan Timnas Portugal, sedang panas-panasnya. Ini ditandai dengan kemenangan besar enam gol tanpa balas pada laga terakhir di Estadio Algarve, kota Almacil. Dengan demikian, laga tandang ini, bakal menjadi pertaruhan besar eks juara Piala Eropa itu untuk memastikan tempat di babak selanjutnya.

Jika melihat data head to head yang mempertemukan kedua tim dalam beberapa tahun terakhir, 99 persen kemenangan, sudah seharusnya berpihak pda Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan. Sementara 1 persenn untuk kemungkinan lain. Karena dalam sembilan laga terakhir yang mempertemukan keduanya, tidak satu pun dimenangkan oleh pihak tuan rumah.

Meski diunggulkan dalam laga ini, pelatih Fernando Santos tidak ingin gegabah. Hal ini tercium dari komentar pra-laga yang dilontarkan pelatih 65 tahun kelahiran Lisbon itu. Menurutnya, jadwal kualifikasi yang cukup ketat ini, hanya berjarak beberapa hari dari laga kontra Lithuania. Karena itu, tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

“Kami tahu bahwa pada Minggu (Senin dini hari WIB, Red), kita akan berhadapan dengan lawan yang berbeda. Kita hanya punya kurang dari 72 jam untuk memulihkan kondisi pemain setelah kemenangan 6-0,” kata Fernando Santos seperti dikutip situs resmi EUFA, Sabtu (16/11).

Kendati demikian, pemain tengah Portugal Bruno Miguel Borges Fernandes, yang kini membela Sporting CP, meyakini jika juara Piala Eropa 2016 akan mampu pulang dengan kepala tegak di akhir laga.

Sementara untuk tuan rumah, laga ini akan menjadi laga terakhir mereka di babak kualifikasi ini. Tak peduli apa pun hasil yang mereka torehkan nanti. “Siapa pun yang nanti diturunkan, kami akan memberikan segalanya dan kembali dari Luxembourg dengan kemenangan,” tegas pemain bernomor punggung 16 tersebut. (ruf/fin/rh)

Prakiraan Susunan Pemain:

Luxembourg: Moris; Carlson, Hall, Gerson, Chanot, Jans; V Thill, O Thill, Skenderovic, Rodrigues; Deville

Portugal: Rui Patrício; Ricardo Pereira, Rúben Dias, José Fonte, Mário Rui; Rúben Neves, Pizzi, Bruno Fernandes, Bernardo Silva; Cristiano Ronaldo, Gonçalo Paciência

Berita Terkait