Lawan Barito Putera, Persib Bandung Kecolongan di Detik Terakhir

BARITO-PUTERA-VS-PERSIB-BANDUNG
MATI KUTU: Esteban Vizcarra (kiri) gagal menjadi kreator serangan Persib Bandung saat melawan Barito Putera. FOTO: PERSIB.CO.ID

BANJARMASIN – Persib Bandung harus mengakui keunggulan tuan rumah Barito Putera 0-1 pada laga pekan ke-12 Liga-1 Indonesia di Stadion Demang Lehman, tadi malam. Gol tunggal kemenangan Barito disumbangkan Ady Setiawan pada menit ke-90+4.

Di babak pertama, kedua tim bermain imbang tanpa gol. Memasuki paruh kedua, Persib langsung membuka peluang. Dedi Kusnandar melepaskan tendangan keras dari jarak jauh. Tendangan Dado sudah tepat mengenai sasaran, namun bola mampu dihalau dengan baik oleh kiper Barito, Aditya Harlan.

Barito yang berkostum kuning coba membalas. Laskar Antasari yang berambisi mencetak gol terus berusaha membongkar pertahanan Maung Bandung. Memasuki pertengahan babak kedua, pelatih Barito, Yunan Helmi melakukan perubahan. Untuk menambah daya dorbrak, Barito memasukan Samsul Arip Munip menggantikan Gavin Kwan.

Laga pun berjalan semakin seru. Kedua tim mulai menampilkan permainan terbuka. Jual beli serangan kerap terjadi. Persib kembali mendapatkan peluang emas. Tusukan Esteban Vizcarra dari sisi kanan mampu menciptakan ancaman. Sayang, tendangan Vizcarra masih mampu ditepis Aditya Harlan dan bola rebound tidak bisa dimanfaatkan menjadi gol oleh Ezechiel N’douassel.

Tak kunjung melesakkan gol, pelatih Persib, Robert Alberts melakukan perubahan skema permainan. Persib menarik keluar Ghozali Siregar dan Dedi Kusnandar dan memasukan dua pemain baru yakni Abdul Aziz dan Erwin Ramdhani. Namun masuknya kedua pemain ini tak banyak mengubah serangan Maung Bandung.

Barito justru terus menekan di menit-menit terakhir pertandingan. Tim tuan rumah justru hampir saja membobol gawang Persib lewat kaki Rony Baroperay. Namun, peluang tersebut gagal berkat penyelematan gemilang I Made Wirawan.

Malapetaka bagi Persib pun datang hanya beberapa detik menjelang laga usai. Di masa injury time, bek Barito, Ady Setiawan mampu merobek jala Made Wirawan dengan sundulan kepala. Gol tersebut menutup pertandingan dengan keunggulan tuan rumah 1-0.

“Saya merasa kecewa karena kebobolan di detik-detik terakhir pertandingan. Saya pikir para pemain melakukan hal yang cukup untuk membawa hasil imbang dari sini,” buka Robert dikutip Persib.co.id.

Kendati begitu, pelatih berkebangsaan Belanda tersebut tetap mengapresiasi kepemimpinan wasit di laga tersebut. Menurut dia, wasit Nusur Fadilah telah berlaku adil di sepanjang pertandingan sehingga mampu menciptakan tontonan yang menarik.

Sementara itu, pelatih Barito Putera, Yunan Helmi mensyukuri kemenangan 1-0 yang diraih timnya. Dia berharap, hasil tersebut mampu menambah kepercayaan diri anak asuhnya dalam melanjutkan kompetisi.

“Mudah-mudahan ini dapat menambah spirit buat mereka (pemain),” ujarnya dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan.

Bagi Yunan, kemenangan yang didapatkan merupakan buah dari kerja keras para pemain di sepanjang pertandingan. Untuk itu, dia pun menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pemain yang telah berupaya untuk mengamankan tiga poin di kandang sendiri. (net)

Berita Terkait