Lanal Cirebon Pamerkan Alutsista Tempur TNI AL di Mall

Kapolres Ciko Hadiri Pameran

Pameran-Alutsista-TNI
Lanal Cirebon menggelar pameran alat utama sistem persenjataan (Alutsista) milik TNI AL di Grage City Mall, Sabtu (7/12).FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON-Dalam rangka pelatihan bela negara dan memperingati Hari Armada RI tahun 2019, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon menggelar pameran alat utama sistem persenjataan (Alutsista) milik TNI AL. Pemeran digelar selama dua hari, pada Sabtu dan Minggu (7-8/12) di Grage City Mall dan depan Balaikota Jalan Siliwangi, Kota Cirebon.

Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut Agung Nugroho mengatakan, pameran alutsista merupakan salah satu bentuk kegiatan pelatihan bela negara. “Pameran tersebut sebagai sarana edukasi kepada masyarakat dan generasi muda untuk lebih mencintai bangsa dan negaranya sendiri. Dengan mengetahui kekuatan pertahanan kita, diharapkan dapat semakin mencintai negaranya,” ujarnya, Sabtu (7/12).

Letkol Laut Agung mengungkapkan, alat tempur yang akan dipamerkan di antaranya didatangkan langsung dari Batalion Resimen Kavaleri Marinir TNI AL Jakarta. Berupa kendaraan tempur BTR 4, Multiple Laucher Rocket System (MLRS) Vampire Grad 122MM buatan Cheko, kendaraan taktis Jip KIA, serta meriam pertahanan medan.

“Selain itu juga ada beberapa satuan elit TNI AL seperti  Pasukan Intai Amfibi (Taifib) Marinir TNI AL, Komando Pasukan Katak (Kopaska) dari Armada 1, Dinas Penyelam Bawah Air TNI AL serta penerbang TNI AL dari Surabaya dan kendaraan logistik pendukung operasi militer,” ungkapnya.

Kegiatan lain yang berkaitan dengan pelatihan bela negara, Lanjut Letkol, menggelar pembinaan mental juang remaja bahari, Joy Selling, penyuluhan serta kegiatan pembinaan olahraga maritim.

“Kegiatan-kegiatan tersebut lebih banyak melibatkan warga pesisir Kota dan Kabupaten Cirebon. Dan ini ada kaitannya dengan hari armada yang mengusung tema Armada sebagai pengawal samudera siap mewujudkan prajurit pejuang bermoral dan militan. Ini selaras dengan visi pemerintah untuk mewujudkan SDM unggul, profesional dan siap beraaing di era golobagisasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy yang hadir dalam pameran tersebut mengaku bangga dengan adanya pameran alutsista TNI AL tersebut. “Pameran ini adalah media informasi kepada masyarakat untuk mengetahui alutsista yang dimiliki TNI AL. Saya ucapkan selamat Hari Armada untuk TNI AL,” tuturnya. (rdh)

Berita Terkait