KUA Sumber Launching Pusaka Sakinah

DIRESMIKAN: Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon baru saja melaunching (meresmikan) program Pusat Layanan Keluarga (Pusaka) Sakinah, di halaman kantor setempat, Senin (2/12).FOTO: NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON

CIREBON – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon baru saja melaunching (meresmikan) program Pusat Layanan Keluarga (Pusaka) Sakinah, Senin (2/12) di halaman kantor setempat.

Diketahui, KUA Sumber merupakan salah satu KUA dari 100 KUA se-Indonesia yang telah dipilih menjadi piloting project (percontohan) program Pusaka Sakinah dari Bimas Kemenag Pusat. Hadir dalam launching Pusaka Sakinah ialah Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, Muspika Sumber, Danramil, Polsek Sumber, Pengadilan Agama Sumber, Lurah, Kepala Puskesmas, tokoh masyarakat dan lain-lain.

Kepala KUA Sumber, H Ali Rahman SThI menyampaikan, KUA Sumber masuk dalam 100 KUA dari 5.945 KUA yang tersebar di Indonesia, sebagai piloting project Pusaka Sakinah. Tak hanya itu, KUA Sumber juga merupakan KUA teladan 1 se-Kabupaten Cirebon.

Menurutnya, Pusaka Sakinah merupakan program unggulan dalam rangka membangun ketahanan keluarga Indonesia. Sebab, Pusaka Sakinah merupakan investasi jangka panjang untuk menekan angka perceraian, apalagi Kabupaten Cirebon merupakan peringkat ke-3 terbanyak angka perceraian di Jawa Barat.

“KUA Sumber menjadi piloting project Pusaka Sakinah. Di dalam Pusaka Sakinah ini, memiliki beberapa program yakni berkah (belajar rahasia nikah), Kompak (konseling, mediasi, pendampingan, advokasi, dan konsultasi), lalu Lestari (layanan bersama ketahanan keluaga indonesia),” jelas Ali kepada Radar Cirebon, kemarin (2/12).

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam Pusaka Sakinah, perlu adanya kesadaran dan kedewasaan, serta usia matang dari pasangan suami istri. Dengan begitu, tentu menjadi solusi untuk menghindari pernikahan anak di bawah umur, serta dapat menekan kasus KDRT. Dan hal itu juga, tentu akan menjadi solusi dalam menuju keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

“Melalui Pusaka Sakinah, diharapkan dapat meningkatkan ketahanan keluarga. Sehingga terwujud keluarga yang sejahtera dan harmonis,” harap Ali.

Sememtara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon, melalui Kasi Bimas Drs H Sudirna MM menuturkan, KUA Sumber secara resmi menjadi Pusat Layanan Keluarga Sakinah, yang diperuntukan bagi masyarakat Kabupaten Cirebon. Tujuannya, dalam rangka mewujudkan ketahanan keluarga Indonesia.

“KUA Sumber menjadi Pusat Layanan Keluarga Sakinah, dan menjadi percontohan bagi KUA lainnya. Karena KUA Sumber yang kali pertama menyelenggarakan program Pusaka Sakinah di Kabupaten Cirebon,” ungkapnya.

Pentingnya program pusaka sakinah ini, untuk mengurangi angka perceraian, karena pernikahan dini atau pernikahan usia muda, faktor ekonomi, kekerasan dalam rumah tangga juga disebabkan kurang dewasa pemikirannya. Oleh sebab itu, perlu bimbingan dari petugas pusaka sakinah. (via)

Berita Terkait