Kondisi Saluran Air Desa Pasuruan Kecamatan Pabedilan, Kini Kering Penuh Sampah

Andri Wiguna, Pabedilan

KERING: Kondisi saat ini selokan yang dulunya bersih di Desa Pasuruan, kini begitu kotor dan penuh sampahFOTO: ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

Selokan atau saluran air di Desa Pasuruan kembali kotor. Sampah kembali berserakan dan terlihat di saluran air yang pada tahun lalu sebenarnya sudah sangat bersih. Bahkan, bisa ditanami ikan nila.

NAMUN, rupanya sudah beberapa bulan terakhir, situasi seperti tahun lalu tak terlihat lagi. Ribuan ikan yang sebelumnya hidup di selokan yang dibersihkan warga, sudah tak ada lagi.

Kondisi itu diakibatkan kemarau ekstrem yang membuat pasokan air ke saluran tersebut, tidak bisa lagi dipasok. Hingga membuat warga perlahan-lahan meninggalkan budidaya ikan nila di selokan.

Salah satu warga, Sunadi kepada Radar Cirebon mengatakan, jika salah satu penyebab utama tidak adanya warga yang memelihara ikan di lokasi tersebut, adalah tidak adanya pasokan air. Padahal, ketersediaan air merupakan syarat utama budidaya ikan di selokan.

“Sudah beberapa bulan tak ada ikan setelah air benar-benar habis. Padahal, dulunya selokan bersih dan terawatt. Jangankan sampah, rumput dan tanaman air pun tak boleh tumbuh di selokan,” ujarnya, kemarin (24/9).

Menurut Sunadi, selokan yang dulunya bersih dan dijaga tersebut, kini begitu kotor dan penuh sampah. Warga yang awalnya begitu memelihara selokan, setelah tidak ada ikan dan air, sampah dibiarkan begitu saja menumpuk di selokan.

“Kalau kemarau tahun lalu kan masih ada air. Masih di pompa dari Cisanggarung. Sekarang tidak ada air sama sekali. Ini kemarau ekstrem, banyak ikan mati dan air tidak ada sama sekali. Harusnya nanti dirancang lagi. Bagaimana selokan ini tetap ada air, meskipun di musim kemarau,” imbuhnya.

Dari pantauan Radar Cirebon, tidak ada satupun warga yang masih memerlihara ikan di saluran tersebut. Meskipun di beberapa bagian, masih terdapat air. Namun air yang ada begitu kotor dan berbau. Karena mayoritas limbah rumah tangga. (*)

 

Berita Terkait