Klinik Utama Sa’adah Medika Layani Medical Check Up

LAYANAN: Dokter Penanggung Jawab Harian Klinik Utama Sa'adah Bina Medika, dr Sri Murdiyah MH dan HRD Klinik Utama Sa'adah Bina Medika, Soliha usai menjelaskan layanan yang ada di Klinik Utama Sa'adah Bina Medika.FOTO: APRIDISTA SITI RAMDHANI/RADAR CIREBON

CIREBON – Klinik Utama Sa’adah Medika Cirebon merupakan klinik yang awalnya didirikan dengan fokus pemeriksaan medical check up, bagi tenaga kerja Indonesia yang akan ke luar negeri. Kini, seiring berjalannya waktu, menambah jenis pemeriksaannya. Antara lain medical check up untuk pelaut, TNI, serta jamaah haji dan umrah.

Dokter Penanggung Jawab Harian Klinik Utama Sa’adah Bina Medika, dr Sri Murdiyah MH menuturkan, sejak 19 September lalu, pihaknya telah mendapatkan surat izin resmi dari kantor kesehatan pelabuhan dan dari kementerian kesehatan yang ditunjuk sebagai klinik swasta yang dapat memberikan vaksinasi maningitis bagi jamaah haji dan umrah. Vaksin meningitis dengan standar ICV (International Certificate of Vaccination) kini bisa dilakukan.

“Selain meningitis, kami menerima vaksin influenza juga yang memang sangat dianjurkan agar jamaah terhindar dari inveksi virus yang mudah menular,” ungkapnya.

Labih lanjut ia menjelaskan, vaksinasi maningitis disarankan untuk dilakukan minimal 10 hari sebelum keberangkatan. Vaksin maningitis sendiri mampu bertahan untuk dua tahun, sedangkan vaksin influenza bertahan hingga satu tahun.

Adapun yang bisa divaksin maningitis, usianya tidak boleh kurang dari dua tahun, kondisi sehat, tidak mengalami gangguan auto imun dan lainnya. Serta pasien dengan diabetes dan hipertensi harus diwaspadai. “Fungsi vaksin maningitis sendiri untuk mencegah penyakit peradagangn selaput otak dan tulang belakang, di mana penyakit ini merupakan penyakit endemis di beberapa negara yang ada,” ujarnya.

Hingga saat ini, medical check up dan vaksinasi maningitis sudah berjalan secara verbal. Pihaknya juga sudah melakukan kerja sama dengan beberapa tour and travel serta KBIH yang ada di Cirebon.

“Kami pun membuka kerja sama untuk KBIH atau tour travel lain untuk bisa melakukan vaksin ataupun medical check up di Klinik Utama Sa’adah Bina Medika yang beralamat di Jl P Diponegoro No 27, Kesenden, Kec Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45121,” pungkasnya. (apr)

Berita Terkait