Keren, Eks TPS Kesambi Sekarang Jadi Taman Cantik

Penampakan Lahan eks TPS Kesambi yang kini dibangun menjadi taman dan trotoar. Pemanfaatan lahan eks TPS diharapkan bisa diterapkan di kawasan lainnya.FOTO: OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Pangling. Dulunya, area di Jl Kesambi Raya ini kerap jadi sasaran protes warga. Sampah meluber sampai ke badan jalan. Bau tidak sedap nyaris tiap hari tercium. Namun, sekarang tidak lagi. Pasca penutupan TPS Kesambi yang diganti dengan TPS mobile, lahan yang ditinggalkan dipercantik dan membuat warga tak lagi risih.

Lokasinya tepat di depan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Kesambi. Trotoarnya luas dan leluasa untuk pejalan kaki. Dilengkapi dengan mural dan dekorasi dinding serta rerumputan. Pekerja masih melakukan pengecatan tembok. Tertulis Kesambi 38 Prison Industry Lembaga Pemasyarakat Kelas I Cirebon. Juga tertulis BRI Peduli Bangga BerIndonesia. Selain tulisan itu, batu alam terlihat dipasang ditembok untuk unsure dekoratif.

Ketua Forum RW Kelurahan Kesambi Agus  Sumiarsana mengapresiasi alih fungsi TPS yang dulunya tidak sedap dipandang, dan sekarang beralih fungsi menjadi trotoar dan taman. “Kami sebagai Forum RW Kelurahan Kesambi mengucapkan terima kasih,” ujarnya.

Sekarang, lokasi eks TPS Kesambi tidak kumuh. Bahkan warga sudah tidak ingat lagi, dulunya lokasi itu adalah TPS yang seringkali dikeluhkan karena bau dan tumpukan sampah yang mengganggu pemandangan.

Perubahan TPS Kesambi menjadi TPS Mobile, dirasa Agus cukup efektif. Bahkan mobil pengangkut sampah rela menunggu gerobak-gerobak sampah dari masing-masing RW tiba di titik penjemputan  yang sudah ditentukan. Bahkan ketika penuh muatannya dan sampah yang ada di gerobak  belum terangkut, mobil pengangkut sampah mau kembali untuk mengangkut sampah. “Kami rasakan TPS Mobile cukup efektif, khususnya di Kelurahan Kesambi,” katanya.

Pihaknya berharap dengan hadirnya taman dan trotoar di eks TPS Kesambi bisa semakin mempercantik wajah Kota Cirebon. Pejalan kaki di Jl Kesambi Raya, Ahmad (31) mengakui, area tersebut kini lebih estetik. Dia pun tidak menyangka lokasi bekas TPS bisa disulap menjadi lebih menarik. “Saya tahunya dulu ini tempat sampah. Sekarang jadi bagus,” katanya.

Dia berharap, di lokasi lain bisa diterapkan permodelan pemanfaatan lahan seperti eks TPS Kesambi. Sehingga perwajahan kota menjadi lebih baik. Juga tidak ada lagi keluhan sampah yang menumpuk tak karuan. (abd)

Berita Terkait