Kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia Pakai Video Lawas

HOAX

TEKA-TEKI kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Indonesia malah jadi bahan hoax. Kemarin (22/2) segelintir orang menyebarkan isu bahwa pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu jadi pulang dan mendarat via Bandara Juanda, Surabaya.

Salah seorang pelaku yang “tercyduk” menyebarkan hoax itu adalah akun Facebook Choirul Rustam. Dia membagikan video yang menggambarkan Rizieq dijemput banyak orang di bandara. Dia lalu menuliskan status, “Melalui bandara juanda Surabaya, hawari solo berhasil jemput Habib Rizieq.”

Ada juga pemilik akun Facebook Anton Hermanto. Dia menuliskan status dan membagikan video yang sama seperti dimiliki Choirul Rustam. “Akhirnya melalui Bandara Juanda Surabaya, Habib Rizieq Shihab pulang juga.. Selanjutnya kita akan saksikan episode 2 bagaimana sebuah negara besar akan keteteran menghadapi ormas kecil,” tulis Anton.

Video yang dibagikan dua netizen sok tahu itu tentu hoax. Sebab, video yang menggambarkan Rizieq di bandara tersebut bukan sekembalinya dari Arab Saudi. Melainkan itu video lawas saat Rizieq datang ke Surabaya untuk memberikan ceramah pada April 2017. Lucunya, meski yang disebarkan ketahuan hoax, akun Choirul Rustam tak ingin menghapus unggahannya. (gun/c17/fat)

 Fakta:

– Video habib Rizieq bukan video kepulangannya, tapi saat mengunjungi Surabaya April 2017 lalu.

Berita Terkait