Kepentingan Kaum Disabilitas Difasilitasi

KAUM-DISABEL
PUNYA SKILL: Bupati Majalengka Karna Sobahi menerima kunjungan Tarya, difabel asal Pangandaran yang bertekad keliling Jawa. FOTO: ANDI AZIS MUHTAROM/RADAR MAJELENGKA

MAJALENGKA – Pemerintah Kabupaten Majalengka mendukung terfasilitasinya kepentingan kalangan disabilitas/difabel dalam mengisi ruang-ruang publik dan sosial dalam berkehidupan di masyarakat. Bahkan, mendorong agar dapat memiliki kesempatan bekerja.

Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi MMPd menjelaskan, pihaknya sangat konsen dan menaruh perhatian terhadap kepentingan kaum difabel. Bahkan, negara pun demikian, pemerintah pusat misalnya dalam membuat kebijakan perekrutan tenaga pegawai sudah memberikan kuota khusus formasi bagi kalangan difabel.

“Terhadap kalangan difabel ini, kami tentu memberikan perhatian khusus. Mendorong mereka dapat ambil bagian dan berperan dalam mengisi sendi kehidupan sosial di masyarakat, termasuk mendorong mereka agar punya kesempatan mendapat pekerjaan yang layak,” kata bupati.

Salah satu upayanya, pemkab akan berkomunikasi dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Majalengka. Untuk menjajaki kemungkinan diberikannya kuota khusus yang dapat membuka kesempatan bekerja bagi kalangan difabel ini.

“Saya komunikasikan ke perusahaan dan industri, untuk membuka ruang agar difabel ini dapat diakomodir bekerja di sana, sesuai jenis pekerjaan yang masih mungkin dapat dilakukan oleh mereka. Karena mereka juga bagian dari kita, sama-sama masyarakat Majalengka yang berhak mendapatkan penghidupan yang layak,” tegasnya.

Apalagi , bupati meyakini jika di tengah keterbatasan yang dialami kalangan difabel ini, Allah SWT pasti memberikan suatu kelebihan tertentu yang mungkin lebih peka jika dibandingkan dengan yang umumnya.

“Tinggal bagaimana caranya agar keluarga dan masyarakat di lingkungan sekitarnya memberikan support dan spirit agar kelebihan khusus yang dimiliki oleh kalangan difabel ini dapat teraktualisasi dengan baik. Sehingga dapat bermanfaat minimal bagi dirinya, keluarganya, bahkan bagi lingkungan sekitarnya,” katanya. (azs)

Berita Terkait