Kepada Polri, Emil Titip Keamanan dan Kondusivitas

LEADERSHIP: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberikan kuliah umum dalam acara Sespim Lemdiklat Polri, di Sespim Lemdiklat Polri Lembang, Kabupaten Bandung Barat, kemarin (4/9).FOTO: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Jabar

BANDUNG BARAT – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menitipkan kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk menjaga kondisivitas dan keamanan agar Indonesia Emas Tahun 2045 dapat terwujud. Khususnya saat perpindahan kepeminpinan.

“Untuk menyongsong Indonesia Emas ini demokrasinya harus damai dan kondusif,” katanya saat memberikan kuliah umum dalam acara Sespim Lemdiklat Polri, di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, kemarin (4/9).

Menurutnya, ada tiga syarat yang mesti dipenuhi untuk menjadikan Indonesia sebagai lima negara terbesar di dunia pada 2045. Yakni, generasi muda yang kompetitif, pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen, dan serta demokrasi yang kondusif. “Nah, saya titip syarat ketiga ini kepada bapak-bapak Polri yang ada di sini,” tuturnya.

Sementara, untuk syarat yang pertama dan kedua merupakan tugas dari pemerintah, baik di level pusat, provinsi, daerah dan desa. “Syarat pertama dan kedua biar kami, pemerintah yang wujudkan. Untuk syarat ketiga, mari kita bersinergi bersama,” tambahnya.

Di akhir pemaparannya, Emil -sapaan akrab Ridwan Kamil- menunjukkan hasil survei Charles Aid Foundation yang melibatkan 144 negara didunia. Dalam survei tersebut, bahwa Indonesia merupakan negara paling dermawan di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Barat, sangat kooperatif dalam menjaga kondusivitas.

“Indonesia itu juara dunia dalam hal nilai sosial dan nilai-nilai kemanusiaan. Bapak-bapak nantinya akan memimpin orang-orang yang pada dasarnya sudah baik,” pungkasnya. (jun)

Berita Terkait