Kebakaran Kuburan Kereta Stasiun Cikaum Subang, Sampai Pukul 21.00 Belum Padam

Bangkai-Kereta-Cikaum-Terbakar
Gerbong kereta di Stasiun Cikaum terbakar, Kamis (14/11) sore. Foto: IST

CIREBON – Sejumlah gerbong kereta api (KA) yang sudah tidak terpakai di area Stasiun Cikaum Subang terbakar pada Kamis sore (14/11). Petugas mengetahui gerbong yang tertumpuk di area konservasi Stasiun Cikaum Subang terbakar pada pukul 16.18 WIB.

Pada pukul 17.00 WIB sebanyak 2 dari 7 unit mobil pemadam kebakaran yang dikirim dari Pemkab Subang tiba di lokasi konservasi. Petugas langsung melakukan upaya pemadaman.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon, Luqman Arif membenarkan kejadian tersebut. Disampaikannya, belum diketahui penyebab terbakarnya gerbong dan berapa jumlahnya. Karena sampai pukul 21.00 WIB api belum sepenuhnya padam, tapi sudah mengecil.

Baca:

Kuburan Kereta Stasiun Cikaum Terbakar, Berikut Daftar Kereta yang Terlambat

Kebakaran Kuburan Kereta Stasiun Cikaum Subang, Api Mulai Mengecil, Perjalanan KA Tidak Terganggu

Kuburan Kereta Stasiun Cikaum Subang Terbakar Hebat

“Sampai saat ini perjalanan kereta api tetap lancar. KA yang melintas di Stasiun Cikaum selama proses pemadaman berlangsung, berjalan menggunakan jalur hulu,” terangnya kepada Radar Cirebon.

Luqman juga menyebutkan, tempat penyimpanan kereta bekas (konservasi) bukan merupakan jalur operasional. Sehingga tidak mengganggu perjalanan kereta api secara signifikan.

Kereta yang berada di area konservasi tersebut merupakan bangkai kereta yang sudah tidak bisa dioperasikan. Usianya lebih dari 30 tahun yang sementara disimpan di area luas Stasiun Cikaum untuk menunggu proses selanjutnya.

“Updet terakhir, semua KA berjalan normal pada pukul18.25 dari hulu-hilir aman. Kecepatan sesuai dengan puncak kecepatan 100 km/jam. Dan api sekarang semakin mengecil terus diupayakan padam malam ini,” sebutnya. (gus)

Berita Terkait