Kawasan Tertib Lalu Lintas Jl Sudarsono Perlu Peran Lintas SKPD

Penertiban PKL
Seorang pedagang kaki lima bersama barang miliknya diamankan Satpol PP, Senin (13/1). FOTO:OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Jl Sudarsono sudah ditetapkan sebagai kawasan tertib lalu lintas (KTL). Dari enam ruas jalan yang berkategori serupa, hanya kawasan ini yang paling semerawut. Setelah penertiban pedagang kaki lima (PKL) oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon, penertiban parkir dan penataan pedagang diharapkan dapat berkelanjutan.

Kepala Bidang Ketentraman dan Keteriban Umum (Trantibum) Satpol PP Kota Cirebon Suweka SAP mengatakan, PKL di Jl Sudarsono memerlukan penataan agar mereka tidak kembali melakukan pelanggaran. Untuk aspek ini menjadi kewenangan Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disdagkop-UKM).

Seperti diketahui, PKL di Jl Sudarsono sebenarnya sudah ditawari opsi untuk masuk ke Selter Jl Cipto Mangunkusumo. Namun mereka menolak lantaran terlampau jauh dari sasaran pembeli mereka. Juga karena selter belum menjanjikan omzet yang diharapkan. Dari penertiban terdahulu, PKL di Jl Sudarsono beberapa memang pernah pindah ke selter. Namun satu per satu kembali ke jalanan lantaran mengalami kerugian.

Suweka menilai, permasalahan PKL di kawasan tersebut tidak akan pernah tuntas bila tidak dilanjutkan dengan penempatan. Begitu juga dengan pelanggaran parkir di bahu jalan, seperti yang marak terlihat dan membuat kemacetan

Selasa (14/1), Satpol PP memang kembali melakukan penyisiran dan penindakan kepada PKL yang tetap memilih berjualan di trotoar. Hasilnya, Satpol PP kembali mengamankan 4 PKL, meski satu hari sebelumnya telah dilakukan penindakan.

Langkah tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memastikan bahwa 6 ruas jalan di KTL benar-benar sesuai dengan aturan. “Mereka yang bandel, kami buatkan berita acara pemeriksaan dan kita tindak,” tandasnya.

Upaya monitoring juga untuk menghindari aksi kucing-kucingan. Saat tidak ada petugas, para PKL biasanya kembali ke jalanan dan menggunakan trotoar. Pengawasan dan penindakan PKL rencananya akan kembali akan dilakukan Rabu (15/1) hari ini.

Pantaua Radar Cirebon, siang kemarin Jl Sudarsono steril dari PKL yang membuka dagangan di trotoar. Namun pelanggaran lain, kasat mata terlihat. Seperti menjadikan trotoar lahan parkir kendaraan roda dua, hingga menjadikan badan jalan sebagai parkir kendaraan roda 4 atau lebih. (ade)

Berita Terkait