Kata Aher, Warga Jabar Harus Jadi Pengusaha

Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat

BANDUNG – Untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus menggenjot program untuk melahirkan 100 ribu pengusaha baru. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyebutkan, dari program yang sudah berjalan ini saat ini, sudah melahirkan 60 ribu wirausahawan. Makanya pada 2018, Heryawan optimistis angka 100 ribu pengusaha baru tersebut akan tercapai.

Dari total penduduk Jabar sekitar 46 juta jiwa, kata dia, idealnya 4 persen penduduk Jabar harus jadi seorang pengusaha. Dengan begitu, besaran angka pengangguran akan terkurangi karena adanya lapangan pekerjaan. ”Di Tiongkok itu yang penduduknya banyak 14 persen warganya adalah pengusaha tapi di Indonesia hanya 1,65 persen yang menjadi pengusaha,” jelas Heryawan ketika ditemui di Gedung Sate, kemarin (10/5).

Untuk itu, dirinya menginginkan jiwa-jiwa wirausaha agar bisa ditanamkan sejak dini khususnya diinstitusi pendidikan. Dengan harapan, jiwa bisnis akan tumbuh dengan sendirinya. ”Ini penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga mampu menjadi penggerak ekonomi serta kemajuan Jawa Barat,” ucap dia.

Untuk mendukung program yang dicanangkan, pihaknya mendorong dunia perbankan memberikan peluang kepada para wirausaha baru. Artinya, diberikan akses pinjaman modal. ”Tidak sedikit para pengusaha baru ini keluhan modal baik untuk mengembangkan usaha maupun memulainya,” ujar dia.

Atas dasar ini, lanjut dia, keberpihakannya kepada para perintis usaha baru tersebut akan mendapat dukungan dari bank bjb sebagai BUMD milik Pemprov Jabar. ”Bjb nantinya bisa membuat tim khusus untuk mengkaji proposal pinjaman modal tersebut dan setelah mendapat pinjaman nanti pihak perbankan juga bisa melakukan pembinaan manajemen agar usahanya semakin maju,” pungkas Heryawan. (yan/rie)

 

Berita Terkait