Kabupaten Cirebon Minim Trotoar

Kabupaten-Cirebon-Minim-Trotoar
PERLU TROTOAR: Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Cirebon belum dilengkapi dengan trotoar bagi pejalan kaki. Tampak salah satu kendaraan saat melintasi ruas jalan yang belum dibuatkan trotoar, kemarin. Foto: Deny Hamdani/Radar Cirebon

CIREBON – Kabupaten Cirebon masih minim trotoar yang berada di pinggir jalan. Kondisi ini sangat membahayakan dan juga merampas hak pejalan kaki.

Menyikapi kondisi itu, Kabid Fisik dan Prasarana Bappelitbangda Kabupaten Cirebon, Imammul Hakim kepada Radar mengakui, sangat sedikit ruas jalan di Kabupaten Cirebon yang memiliki trotoar. Ke depan, pihaknya telah merencanakan pembangunan trotoar di berbagai ruas jalan di Kabupaten Cirebon.

“Tapi kan bertahap. Kita tidak bisa seluruh ruas jalan dibangun trotoar, karena memang keterbatasan anggaran,” ujarnya, kemarin.

Lebih lanjut, dikatakan Imam, faktor keterbatasan anggaran menjadi ganjalan pembangunan trotoar di ruas jalan di Kabupaten Cirebon.

“Memang anggaran yang terbatas sehingga kita harus bertahap membangun trotoar. Selain itu juga karena memang masih banyaknya PKL yang menggunakan sepadan jalan yang seharusnya dipergunakan pejalan kaki ditrotoar,” tuturnya.

Pihaknya membutuhkan lintas SKPD untuk bisa mewujudkan pembangunan

trotoar di ruas jalan di Kabupaten Cirebon. “Butuh koordinasi lintas SKPD, karena tadi banyak PKL yang gunakan sepadan jalan sehingga ini menjadi hambatan bagi pembangunan trotoar diruas jalan,” ungkapnya.

Sementara ini, lanjut Imam, yang sudah sangat rapi dan terdapat trotoar salah satunya Jalan Tuparev. “Tuparev salah satu ruas jalan di kita yang sudah memiliki trotoar namun masih terdapat PKL,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu Pemerhati Sosial, Riko mengaku prihati, jika di Kabupaten Cirebon sangat sedikit ruas jalan yang memiliki trotoar. Menurut Riko, trotoar sangat penting bagi para pejalan kaki karena mempunyai hak berjalan di sepadan jalan. “Trotoar itu untuk menghormati para pejalan kaki sehingga bisa lebih nyaman saat berjalan di jalan raya,” katanya. (den)

Berita Terkait