Jelang Musim Penghujan, Karang Taruna Ajak Bersih-bersih Selokan

drainase-selokan-dijadikan-kolam-ikan-(1)
SELOKAN BERSIH: Drainase atau selokan di Desa Palir, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon, dijadikan tempat kolam ikan hias. NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON

CIREBON – Karang Taruna Kabupaten Cirebon terus menggelorakan kerja bakti bersih-bersih selokan dan drainase. Hal itu demi menghindari luapan air menjelang musim penghujan tiba.

“Kita terus lakukan kegiatan bersih- bersih, ini merupakan upaya kami bersama Pemerintah untuk mengatasi luapan air dikarenakan kita akan menghadapi musim hujan,” ungkap Ketua Karang Taruna Kabupaten Cirebon Dangi kepada Radar Cirebon.

Menurutnya, ketika hujan deras biasanya selokan, drainase biasanya digenangi air. Hal itu lantaran penyumbatan sampah di gorong-gorong jarang dibersihkan hingga mengakibatkan air tumpah ke jalan.

“Dengan dibersihkannya sampah, mudah-mudahan luapan air tidak terjadi lagi. Selain itu juga dengan adanya gerakan bersih- bersih tentunya menjadi satu bukti bahwa Karang Taruna peduli dengan lingkungan. Contohnya drainase atau selokan Desa Palir, Kecamatan Tengahtani, yang dijadikan tempat kolam ikan hias ini kan jadi menarik dan bersih,” ujar Dangi.

Sebetulnya, lanjut Dangi, kegiatan kerja bakti tersebut didasari adanya imbauan dari BMKG terkait prediksi musim penghujan terjadi di bulan ini (November). “Oleh sebab itu kami bersama pemuda Kabupaten Cirebon yang peduli terhadap lingkungan langsung mengadakan tindakan berupa kerja bakti membersihkan saluran air di sekitar lingkungan guna mencegah terjadinya banjir,” jelas Dangi.

Karang Taruna Kabupaten Cirebon juga terus mengingatkan bagi daerah yang rawan banjir, agar segera berbenah sebelum musim hujan datang.

“Jangan sampai ada kalimat itu mah biasa, langganan banjir, dan ujung-ujungnya memborong mi instan, buka dapur umum untuk bantuan bencana banjir. Hayuk dari sekarang beres-beres selokan dan drainase,” tukas Dangi. (via)

Berita Terkait