Jelang Lebaran, Kiriman Uang dari Luar Negeri Meningkat

MENCAIRKAN KIRIMAN UANG: Salah seorang warga mencairkan kiriman uang dari TKI di kantor Pos Kuningan menjelang lebaran, kemarin.Foto: Agus Mustawan/Radar Kuningan

KUNINGAN – Menjelang Lebaran kiriman uang dari para tenga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri lewat Kantor Pos Kuningan terus meningkat. Hingga tanggal 21 Juni, kiriman TKI mencapai Rp 8 miliar.

Uang tersebut oleh para TKI dikirim melalui layanan Western Union (WU). Jumlah kirim akan terus meningkat. Terutama beberapa hari menjelang Lebaran.

“Dana sebesar itu dari 2.100 transkasi. Apabila digabung dengan layanan wesel instan atau layanan kirim uang dalam negeri total ada Rp 9 miliar,” ujar Kepala Kantor Pos Cabang Kuningan, Mohamad Barman kepada Radar Kuningan, Kamis (23/6).

Barman mengatakan, biasanya kiriman uang tidak sebanyak itu pada bulan biasa. Para TKI meningkatkan kiriman karena keluarganya yang di Kuningan butuh dana besar untuk Lebaran.

“TKI yang mengirim uang bukan hanya didominasi yang bekerja di Timur Tengah, tapi juga dari Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura dan Brunai Darusalam. Bahkan dari Eropa pun ada,” katanya.

Barman menjelaskan, banyaknya para TKI mengirim uang melalui Kantor Pos karena bisa dicarikan di 16 kantor cabang kantor pos yang tersebar di 32 kecamatan. Lalu di satu kantor induk, dua Loket Ekstensi dan layanan mobil keliling.

“Kalau di Kuningan, TKI itu menyebar dan ada di tiap kecamatan. Jumlahnya terus bertambah terlebih banyak yang sukses di luar negeri,” jelasnya. (mus)

Berita Terkait