Jangan Hanya Fisik, Mental dan Spiritual Juga Dibangun

BANGUN AKHLAK. Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhalul Ulum meminta kepada para kepala desa untuk ikut membangun mental dan spiritualitas warganya demi terwujudnya Jabar Juara Lahir dan Batin.FOTO: MOHAMAD JUNAEDI

KUNINGAN – Sesuai dengan visi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) Juara Lahir Batin, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhalul Ulum mengingatkan kepada Kepala Desa (Kades) agar tidak melupakan pembangunan mental dan spiritual masyarakat. Sebab, hal tersebut sangat berguna untuk menumbuhkan moral dan akhlak.

“Tolong, kepada Pak Kades jangan hanya fokus pada pembangunan material atau fisik saja. Memang itu penting, tapi tidak cukup, harus ada pembangunan mental dan spiritual, agar masyarakat Jawa Barat meningkat iman dan taqwanya,” katanya saat melakukan agenda kerja di Kabupaten Kuningan, kemarin (4/9).

Kemudian, selain memberikan pelayanan kepada masyarakat. Uu juga ingin Kades-Kades di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Kuningan untuk membela dan memperjuangkan agama. “Karena maksud dari Jabar juara lahir batin adalah penguatan akidah, akidah ini penting karena ini pondasi dan kita sebagai pemimpin adalah penjaga agama,” imbuhnya.

Menurutnya, salah satu tugas pemimpin adalah memberikan rasa nyaman dan aman masyarakatnya dalam menjalan aktivitas sehari-hari. Kedua, memberikan rasa mudah bagi rakyatnya. Dan yang ketiga adalah menjaga ketenangan warganya dalam menjalan ibadah, apapun agamanya.

Oleh karena itu, dalam momentum ini pihaknya berharap agar para Kades yang menjadi ujung tombak pembangunan di negara ini mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, sehingga masyarakatnya adil, makmur dan sejahtera. “Jika kita bisa melaksanakan amanah ini dengan baik, insya Allah Jabar Juara Lahir dan Batin akan terwujud dalam 5 tahun kedepan,” harapnya.

Diapun meminta kepada para kepala desa untuk tidak sungkan berkomunikasi dengan Pemdaprov Jabar agar bisa mengakses segala program yang sudah dicanangkan demi kepentingan masyarakat. “Kami sangat terbuka,”pungkasnya. (Jun)

Berita Terkait