Jalur Pantura Indramayu Mulai Rusak Tergerus Hujan

Jalan-pantura-rusak
Waspada lubang jalan di jalur pantura Indramayu.Foto: Dok.radarcirebon.com

INDRAMAYU – Menjelang musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), sejumlah ruas jalan nasional di jalur pantura Kabupaten Indramayu mulai rusak. Tingginya intensitas hujan belakangan ini menjadi biang penyebabnya.

Pantauan Radar Indramayu, kerusakan jalan merata di sepanjang jalur pantura mulai dari Sukra-Lohbener. Dari arah Jakarta menuju Cirebon, maupun sebaliknya.

Tak hanya jalan dengan permukaan aspal, jalur yang sudah dicor beton pun mulai berlubang dengan ukuran bervariasi. “Sudah mulai banyak lubang. Lewat jalan pantura harus hati-hati,” kata Satori, pengendara sepeda motor.

Sepengetahuannya, lubang-lubang jalan itu mulai bermunculan sejak musim penghujan tiba. Umumnya terjadi pada ruas jalan yang sebelumnya ditambal sulam. “Tambalannya terkelupas, bopeng lagi kena hujan,” lanjutnya.

PNS asal Kecamatan Patrol yang berdinas di salah satu instansi diwilayah Kota Indramayu ini mengingatkan sesama biker untuk ekstra waspada saat melintasi jalur pantura terlebih saat hujan tiba. Demikian pula terhadap manuver pengendara lain yang menghindari lubang.

“Jaga jarak. Lubangnya masih kecil sih, tapi membahayakan banget. Kalau malam atau pas hujan, enggak kelihatan. Tidak waspada, pengendara motor bisa cilaka,” kata Satori.

Pengguna jalan lainnya, Ibrahim mengatakan, upaya perbaikan mulai dilakukan oleh pihak berwenang. Yakni dengan melakukan penambalan ruas jalan yang berlubang.

“Sudah ada perbaikan, tapi belum menyeluruh. Memang harusnya begitu, jangan tunggu sampai keadaannya lebih parah lagi. Bila tidak segera ditangani, khawatir akan banyak pengendara yang menjadi korban. Apalagi mau musim liburan Nataru,” tandasnya. (kho)

Berita Terkait