Jalan Menuju Obyek Wisata Paralayang Majalengka Dipenuhi Sampah

jalan-menuju-obyek-wisata-paralayang-majalengka-dipenuhi-sampah
SAMPAH: Pengendara melintasi akses jalan menuju obyek wisata Paralayang Majalengka. FOTO: ANWAR BAEHAQI/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Tumpukan sampah dan berserakan banyak ditemui di sekitar pinggir jalan Blok Cibatu, Kelurahan Munjul, Kabupaten Majalengka, pada Kamis (2/1). Sampah yang dibuang di jalan akses menuju obyek wisata Paralayang Majalengka itu merupakan limbah rumah tangga.

Tidak sedikit sampah dibungkus kantong plastik kondisinya tampak berceceran serta menimbulkan bau busuk. Sampah-sampah itu juga berada di sekitar pinggir sungai yang bisa mengakibatkan bencana banjir.

Nurdiansyah (25) salah satu warga sekitar saat ditemui di lokasi mengatakan bahwa sampah-sampah tersebut sudah ada jauh-jauh hari. Dirinya juga menyebutkan tumpukan sampah itu juga diduga dibuang warga pada malam hari dan dilempar begitu saja.

“Saya suka menyingkirkannya, soalnya kalau pagi hari suka berceceran hampir ke tengah jalan. Mungkin banyak warga yang buangnya saat malam hari dilempar begitu,” jelasnya.

Wina (32), warga lainnya, menyebutkan sampai hari ini dirinya tidak mengetahui siapa yang sering membuang sampah di sekitar jalan tersebut. Menurutnya jalan tersebut merupakan jalan satu-satunya menuju destinasi wisata Paralayang yang berada di dataran tinggi gunung Panten.

“Resah pastinya, apalagi ini jalan menuju ke obyek wisata. Malulah sebagai warga Majalengka apalagi wisata ini sudah terkenal,” sesalnya.

Dia berharap kondisi tersebut bisa segera mendapatkan perhatian dari masyarakat dan pemerintah. “Saya berharap dinas atau instansi terkait dapat menindaklanjuti dan memberi sanksi kepada warga yang sengaja membuang sampah di sini, setidaknya memberi plang peringatan di lokasi,” harapnya. (bae)

Berita Terkait