Jaenudin Umar Pimpin Pengda INI Kabupaten Cirebon Periode 2019-2022

Konferda-Pengda-INI-Kabupaten-Cirebon
Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kabupaten Cirebon periode 2017-2019 menyampaikan LPj dalam Konferensi Daerah (Konferda) VII di Apita Tower Jalan Tuparev Kabupaten Cirebon, Sabtu (7/12). Foto: Husain Ali/radarcirebon.com

CIREBON – Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kabupaten Cirebon menggelar Konferensi Daerah (Konferda) VII di Apita Tower Jalan Tuparev Kabupaten Cirebon, Sabtu (7/12). Dalam agenda Konferda kali ini forum memilih Jaenudin Umar sebagai ketua Pengda INI Kabupaten Cirebon periode 2019-2022.

Jaenudin terpilih secara aklamasi oleh forum. Sebelum aklamasi, presidium telah mengumpulkan ketiga nama bakal calon berdasarkan hasil polling. Ketiga nama tersebut adalah Jainudin Umar, Ahmad Nawawi dan Ari Sandi.

Namun, karena Ari tidak hadir, disepakati forum tidak bisa melanjutkan sebagai calon. Sehingga calon menjadi dua nama. Sementara, Ahmad Nawawi mengundurkan diri sebagai bakal calon ketua.

Saat dikonfirmasi forum terkait alasan pengunduran dirinya, Ahmad Nawawi mengaku tidak siap. ”Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah memilih saya sebagai bakal calon. Tetapi dengan kerendahan hati saya mengundurkan diri, karena saya belum siap, ” ujar Nawawi.

Forum pun akhirnya mengamini pengunduran diri Nawawi sebagai bakal calon. Sehingga calon tinggal Jaenudin Umar. Sementara Jaenudin sendiri siap untuk mempin Pengda INI Kabupaten Cirebon periode tiga tahun mendatang.

“Kalau balon hanya tiga nama, sementara Pak Ari tidak hadir, Pak Nawawi mengundurkan diri, maka mau tidak mau harus siap. Mudah-mudahan amanat yang diberikan rekan-rekan bisa dijalankan dengan baik. Mari kita bangun INI lebih baik lagi. Kita harus kompak. Jaga silaturahmi, kekompakan, satu barisan untuk INI Kabupaten Cirebon lebih baik lagi ke depan,” tutur Jaenudin menyampaikan sambutan.

Selain ketua Pengda, forum juga memilih anggota Dewan Kehormatan Daerah (DKD) Pengda INI Kabupaten Cirebon. Forum memilih tiga nama yang disepakati sebagai anggota DKD periode tiga tahun mendatang. Ketiganya adalah Ineu Arida Basuki, Saleh Bafadal dan Bobiyanto.

Selain memilih ketua baru, Konferda VII Pengda dan DKD INI Kabupaten Cirebon juga merupakan forum laporan pertanggungjawaban (LPj). Pengda INI Kabupaten Cirebon periode 2017-2019 menyampaikan LPj di hadapan forum konferda.

LPj yang disampaikan Saleh Bafadal berlangsung lancar dan diterima forum tanpa sanggahan dan tanggapan. Sehingga presidium sidang menetapkan LPj Pengda INI Kabupaten Cirebon periode 2017-2019 diterima. Begitu pun LPj DKD Pengda INI Kabupaten Cirebon periode 2017-2019 yang disampaikan Idris diterima dengan baik.

Acara Konferda VII Pengda INI Kabupaten Cirebon diakhiri dengan menyanyikan lagu nasional: bagimu negeri. Acara pun berlangsung lancar dan khidmat.

Untuk diketahui, acara Konferda INI Kabupaten Cirebon, Sabtu (7/12) siang, diawali dengan lomba peragaan baju adat daerah. Para notaris yang hadir wajib mengenakan pakaian adat dan memeragakan di atas panggung catwalk.

Satu per satu memeragakan dengan gayanya masing-masing. Di akhir acara, 10 besar diumumkan untuk menjadi pemenang juar 1 sampai 3. Adanya lomba peragaan busana adat daerah membuat pelaksanaan konferda menjadi semakin meriah. (hsn)

Berita Terkait