Jadi Market Leader, Sharp Pertahankan Layanan Purna Jual

TAMPIL PRIMA: PT Sharp Electronics Indonesia menambah satu unit di penghujung 2019, SMSS berbentuk mini bus elf yang memiliki tampilan prima, dengan warna dasar merah pada bagian luar.FOTO: APRIDISTA SITI RAMDHANI/RADAR CIREBON

Unggul dalam layanan purna jual, PT Sharp Electronics Indonesia terus menyempurnakan armada layanan purna jual yang dimiliki khususnya pada Sharp Mobile Service Station (SMSS). Menambah 1 unit di penghujung 2019, SMSS berbentuk mini bus elf ini memiliki tampilan prima, dengan warna dasar merah pada bagian luar membuat selaras dengan tampilan warna korporasi Sharp.

APRIDISTA SITI RAMDHANI, Cirebon

 TIDAK hanya mengubah tampilan luar saja, Sharp memanfaatkan ruang dalam armada sebagai ruangan servis dan memaksimalkan kenyamanan pelanggan saat melihat produk yang dipamerkan di SMSS.

General Manager Customer Satisfaction Division PT Sharp Electronics Indonesia, Ronald R Huwae menuturkan, armada SMSS sudah menjadi ikon dari layanan purna jual Sharp Indonesia. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga dan merawat fasilitas armada SMSS secara rutin.

“Perubahan-perubahan kecil seperti mengganti warna maupun tampilan warna mobil menjadi penting untuk membuat konsumen yang kami kunjungi semakin sadar dengan keberadaan dan fungsi SMSS, sehingga mereka semakin nyaman ketika hendak berkenalan dengan produk Sharp maupun melakukan perbaikan dan konsultasi produk,” tuturnya, kemarin.

Armada Sharp Mobile Service Station saat ini terdiri dari 1 unit truk dan 1 unit mini bus elf. Khusus untuk unit mini bus elf, Sharp Indonesia melakukan perubahan pada body chasis dengan ukuran lebih panjang dari mobil sebelumnya. Tampilan luar pada badan kiri mini bus juga kini dapat dibuka, sehingga konsumen dapat dengan nyaman melihat produk tanpa harus masuk ke dalam mini bus elf. Dari sisi interior, mobil ini juga mengubah tampilan penempatan rak yang memungkinkan peletakan produk lebih banyak khususnya produk-produk unggulan di kategori small home appliances.

Hingga akhir September tahun 2019, Sharp Indonesia mencatat armada SMSS telah singgah di 24 kota di Indonesia. Di penghujung tahun, jumlah kota tujuan SMSS pun akan terus bertambah guna menjangkau lebih banyak konsumen di seluruh tanah air. Untuk truk SMSS, rute pertama mencakup dua daerah yaitu Jawa Timur dan Jawa Tengah. Di Jawa Timur, daerah yang akan dikunjungi adalah Surabaya, Malang, dan Kediri, tepatnya dari bulan November hingga awal Desember 2019.

“Sementara di Jawa Tengah, armada diperkirakan akan tiba di Kota Yogyakarta, Purwokerto, dan Semarang sejak pertengahan Desember hingga Januari 2020,” jelasnya.

Selanjutnya, SMSS mini bus elf akan bertolak ke dua rute berbeda yaitu Jabotabek dan Serang di rute pertama, kemudian dilanjutkan ke daerah Jawa Barat untuk rute kedua. Adapun daerah Jabotabek dan Serang terdiri dari Jakarta, Karawang, dan Serang mulai dari November sampai Desember 2019. Pada rute berikutnya, giliran daerah sekitar Jawa Barat, tepatnya Bogor dan Sukabumi, Bandung, dan Cirebon yang akan disambangi oleh SMSS mini bus elf.

Rute kedua diperkirakan akan bergerak di bulan Februari sampai Maret 2020. Guna mempermudah layanan, Sharp Indonesia pun meningkatkan layanan Call Center dengan menyediakan nomor WhatsApp di nomor +62 811  8205 666 yang dapat dikontak konsumen pada hari Senin sampai Jumat pada jam operasional, pukul 08.00-17.00 WIB. “Melalui nomor WhatsApp ini kami berharap konsumen akan lebih mudah dalam menghubungi kami,” tuturnya.

Sementara itu, National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Andry Adi Utomo menuturkan jajaran layanan purna jual yang dimiliki Sharp Indonesia merupakan salah satu bentuk komitmen untuk  terus mempersembahkan kualitas produk-produk Sharp dari berbagai aspek tidak hanya produk tetapi juga layanan purna jual.

Layanan purna jual memiliki peran yang cukup penting dalam melengkapi strategi penjualan Sharp Indonesia saat ini. Di tengah persaingan yang cukup ketat, Sharp tidak hanya dituntut untuk selalu melakukan inovasi pada produk-produknya namun juga melalui layanan purna jualnya.

“Dengan demikian, kami yakin Sharp mampu terus mempertahankan posisinya menjadi market leader di Indonesia,” pungkasnya. (*)

 

Berita Terkait