Internal DPRD Kabupaten Cirebon Gaduh, Perseteruan Dua Kubu Koalisi Berlanjut

paripurna-internal--(1)
DPRD Kabupaten Cirebon menggelar rapat paripurna internal tentang pembentukan pansus tatib DPRD, Rabu (21/10). Fraksi PDIP dan Gerindra tidak hadir, karena menganggap tidak sesuai mekanisme. FOTO: SAMSUL HUDA/RADAR CIREBON

CIREBON – Internal DPRD Kabupaten Cirebon gaduh. Dua kubu koalisi fraksi PDI Perjuangan dan PKB di parlemen masih bersitegang.

Pembentukan panitia khusus tata tertib (pansus tatib) DPRD Kabupaten Cirebon melalui rapat paripurna, Selasa (22/10), tidak dihadiri seluruh anggota fraksi PDI Perjuangan dan Partai Gerindra. Tidak hanya itu. Dua unsur pimpinan dari kedua fraksi pun, juga tak hadir.

Meski demikian, pembentukan pansus tatib tetap berlanjut. Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Teguh Rusiana Merdeka membacakan nama-nama anggota fraksi di dalam pansus tatib.

Teguh juga menyebut dua nama Wakil Ketua DPRD, Rudiana dan Subhan. Termasuk fraksi PDI Perjuangan dan Gerindra. Penyebutan tersebut diinterupsi anggota fraksi Partai Golkar, Khanafi.

Baca: 

PDIP Belum Menyerah, Gencarkan Lobi-lobi Masih Berharap Dapat Jatah AKD

Terpaksa Menunggu Paling Lambat 2,5 Tahun

Gagal Rebut AKD, Kursi Aan Dicopot

Ia menyampaikan, penyebutan nama fraksi PDIP dan Gerindra tidak ada dalam pelantikan anggota DPRD Kabupaten Cirebon periode 2019-2024. “Mohon diluruskan. Jangan sampai kedua fraksi yang belum menyetorkan nama, kemudian namanya muncul di pansus. Apakah nanti akan bermasalah atau tidak?” kata Khanafi.

Senada disampaikan Ketua Fraksi PKS Ahmad Fawaz. Dia menyampaikan, apakah sekretariat DPRD sudah mengirimkan surat ke masing-masing fraksi untuk menyetorkan nama-nama anggota fraksinya? “Mohon penjelasan!” pintanya.

Sementara itu, Plt Sekretaris DPRD Kabupaten Cirebon, Asep Pamungkas menuturkan, dua fraksi, Gerindra dan PDIP, memang belum menyetorkan nama-nama anggotanya. “Kita sudah layangkan surat agar fraksi mengisi nama-namanya. Tapi, belum diserahkan,” imbuhnya.

Interupsi tersebut akhirnya memutuskan, fraksi PDIP dan Gerindra tidak masuk dalam pansus tatib. Termasuk dua unsur pimpinan DPRD dari fraksi PDIP dan Gerindra.

Adapun susunan personalia dalam pansus tatib adalah Mohamad Luthfi dari fraksi PKB sebagai ketua, Teguh Rusiana Merdeka dari fraksi Partai Golkar sebagai wakil ketua. Ahmad Fawaz dari fraksi PKS sebagai sekretaris.

Kemudian, Hanifah dan Mahmudi sebagai anggota dari fraksi PKB. Khanafi dari fraksi Partai Golkar, Munawir dari fraksi Partai Nasdem, Mohamad Gofur Akbar dari fraksi Nasdem, Junaedi dari Fraksi PKS. Mukhlisin Nalahudin dan Mahmud Jawa dari fraksi Partai Demokrat.

Halaman: 1 2

Berita Terkait