Instagram Menpora Malaysia Digeruduk Netizen Negara +62

Instagram-Menpora-Malaysia.jpg
Menpora Malaysia, Syed Saddiq menyapa suporter Timnas Indonesia sebelum laga Malaysia vs Indonesia di Stadion Bukit Jalil. Foto: Instagram Syed Saddiq

JAKARTA – Suporter Skuat Garuda jadi bulan-bulanan oknum suporter Malaysia. Mereka mengalami pengeroyokan. Ada juga yang mengalami penusukan di sekitar Stadion Bukit Jalil. Geram dengan aksi itu, Instagram Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq yang jadi sasarannya.

Postingan menteri termuda dengan 1,6 juta pengikut itu mendadak ramai pada kolom komentar dengan kehadiran netizen dari Indonesia. Normalnya, hanya 1-3 ribu saja komentar pada aktivitas Syed. Namun, pada unggahan terakhir pada feed Instagram, sudah terdapat 42.173 komentar.

Terkait kejadian pengeroyokan itu, Syed mengaku sudah meminta kepolisian Malaysia melakukan investigasi.

“Saya sudah maklumkan kepada pihak polis untuk siasat. Kalau ada pihak yang dipukul, tolong suruh dia buat laporan ke pihak polis. We will ensure that there will be a proper and transparent investigation. Keadilan adalah untuk semua, tidak kira dari Malaysia atau Indonesia.”

“Saya sudah meminta kepolisian untuk melakukan penyelidikan. Kalau ada pihak yang dipukul tolong minta dia untuk membuat laporan ke polisi. Kami akan memastikan akan ada investigasi yang transparan dan tepat. “Keadilan adalah untuk semua, tidak pandang dari Malaysia atau Indonesia.”

Demikian Syed menuliskan di akun Twitter dan diunggah ulang ke Instagram-nya melalui fitur Insta Story.

instagram-menpora-malaysia
Unggahan Insta Story Menpora Malaysia.

Syed juga menunjukkan aksi simpatik sebelum laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Malaysia dan Indonesia. Dia foto Instagramnya, ia mengunggah kebersamaannya dengan suporter Skuat Garuda.

Baca Juga: 

Suporter Indonesia Ditusuk di Malaysia
Suporter Indonesia Dikeroyok di Malaysia
Menpora Malaysia Minta Polisi Investigasi Pengeroyokan Suporter Indonesia

“Angkatlah semangat kesukanan dan muhibah antara negara. Ingat, Malaysia dan Indonesia adalah satu keluarga dan berkongsi kekayaan sejarah dan budaya bangsa. 1.500 Anggota Polis bertugas untuk menjaga keamanan. 400 sukarelawan untuk membantu & 400 CCTV untuk memantau keadaan. Jagalah kebersihan. Kutip sampah, simpan dalam poket, buang di tong sampah berdekatan,” demikian dituliskan Syed pada unggahannya.

Seperti diketahui, pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Malaysia vs Indonesia di Stadion Bukit Jalil tersebar video pengeroyokan suporter skuat garuda.

Dari informasi yang dihimpun, ada juga suporter yang luka-luka dan mengalami penusukan sebelum laga Tim Merah Putih.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Ratu Tisha Destria, menyesalkan tindak kekerasan kepada suporter Indonesia di Malaysia. “PSSI sudah menerima laporan soal intimidasi kepada suporter timnas,” kata Tisha, kepada wartawan.

Ia memastikan akan menindaklanjuti kasus ini. Tapi, ia enggan berpolemik di media. “Pasti akan kami tindak lanjut, tapi bukan dengan berperang di media. Nanti kami kasih tahu caranya,” kata Tisha di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kamis (21/11).

Dari informasi Satgas Perlindungan WNI KBRI untuk Malaysia, kasus penusukan juga menimpa salah seorang supoter timnas. (yud)

Berita Terkait