Inilah Komposisi CPNS Kabupaten Indramayu, Formasi Guru Paling Banyak

CPNS-Indramayu
BICARA CPNS: Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Pegawai pada BKPSDM Kabupaten Indramayu Winaryo SSTP bicara soal persiapan penerimaan CPNS. FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU — Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) telah mulai dibuka secara online tanggal 11 November 2019 dan akan berakhir tanggal 24 November 2019.

Seperti diketahui, untuk tahun 2019 ini Kabupaten Indramayu mendapatkan 361 formasi CPNS. Dari jumlah tersebut sebanyak 355 untuk formasi umum, 4 formasi cumlaude, dan 2 formasi disabilitas.

Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Indramayu, Winaryo SSTP mengatakan, berdasarkan surat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PAN RB) Nomor 505 tahun 2019 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil Pemkab Indramayu Tahun Anggaran 2019, Pemerintah Kabupaten Indramayu membuka kesempatan bagi warga negara yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) daerah di lingkungan Pemkab Indramayu.

Diungkapkan Winaryo, dari 355 formasi umum, paling banyak adalah untuk formasi guru yaitu sebanyak 276 formasi. Dari jumlah ini paling banyak adalah kebutuhan guru kelas SD yaitu 141 formasi, dengan latar belakang pendidikan S1 PGSD.

Kemudian guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan sebanyak 54 formasi. Selanjutnya guru Pendidikan Agama Islam 34 formasi, guru Bahasa dan Sastra Indonesia (4 formasi), guru Bahasa Inggris (4), guru IPA (6), guru IPS (5), guru Matematika (4), guru PPKN (4), guru Seni Budaya (6), guru TIK (4), guru Bimbingan dan Konseling (BK) 6 formasi, dan guru Bahasa Sunda (4).

Kemudian formasi tenaga kesehatan sebanyak 61 formasi. Yaitu terdiri dari 6 dokter umum, 2 dokter gigi, 7 bidan ahli, 4 bidan terampil, 5 apoteker, 3 asisten apoteker, serta sejumlah perawat , penata laboratorium, nutrisionis, radiographer dan sanitarian. Sementara untuk tenaga teknis lainnya ada 18 formasi, mulai dari penyuluh perikanan, penyuluh pertanian, bidang administrasi dan computer.

Winaryo menambahkan, untuk rekrutmen tahun ini memang harus ada formasi bagi lulusan cumlaude dan formasi untuk kaum disabilitas. Menurutnya, untuk Kabupaten Indramayu ada 4 formasi bagi lulusan cumlaude, yaitu untuk guru kelas di SDN I Patrol Lor Kecamatan Patrol, SDN II Krimun Kecamatan Losarang, SDN I Muntur Kecamatan Losarang, dan SDN Mekarjaya Kecamatan Losarang.

Sedangkan untuk formasi disabilitas ada 2 yaitu untuk tenaga komputer pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kepala BKPSDM Kabupaten Indramayu, Wahidin menambahkan, persyaratan umum bagi pada pelamar CPNS di antaranya usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

Kemudian tidak menjadi pengurus atau anggota partai politik, memiliki persyaratan dan kualifikasi pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan sesuai yang dibutuhkan, serta sejumlah persyaratan lainnya.

“Untuk pelamar cumlaude adalah pelamar dengan lulusan terbaik dengan pujian (cumlaude), dari perguruan tinggi akreditasi A/unggul dan program studi dengan akreditasi A,” tegas Wahidin. (oet)

Berita Terkait