Ini Investasi untuk Para Pimpinan DPRD Kota Cirebon

Rogoh Kocek Rp1,6 M, Pengadaan Mobil Dinas Mulai Oktober

ILUSTRASI

CIREBON-Pimpinan DPRD sudah dilantik pekan kemarin. Dalam waktu dekat, ketiganya akan mendapatkan mobil dinas baru. Rencana awal, mobil dinas sudah diserahkan akhir bulan ini. Tetapi, Sekretariat DPRD melakukan penundaan hingga pertengahan Oktober nanti.

Informasi yang dihimpun Radar Cirebon, mobil dinas yang akan diterima Ketua DPRD Affiati AMa adalah Toyota Camry keluaran 2019. Kemudian untuk dua wakil ketua DPRD adalah Toyota Altis. Namun, pengadaan untuk wakil ketua DPRD ada perubahan. Mengingat Toyota Altis yang dipesan ternyata sudah tidak produksi lagi. Sedangkan untuk New Toyota Altis, harganya di atas pagu anggaran yang ditetapkan.

Akhirnya, pembelian mobil dinas wakil ketua diganti menjadi Honda CR-V Turbo. Mobil keluaran 2019 itu, harganya dianggap sesuai pagu anggaran dan sudah ada di e-katalog. “Sebetulnya sudah kita pesan Altis. Adanya Altis yang harganya di atas pagu anggaran, jadi kita nggak berani. Kalau yang buat ketua DPRD tetap Camry dan sudah siap, ” ujar sumber Radar Cirebon di lingkungan DPRD.

Dari website resmi kedua pabrikan tersebut, kemungkinan besar untuk ketua DPRD akan dibelikan mobil dinas Toyota Camry 2019 dengan harga Rp616.150.000. Mobil ini memiliki kapasitas silinder 2.487 cc dengan sistem pembelian e-katalog.

Sedangkan untuk dua wakil ketua DPRD, kemungkinan besar dibelikan All New Honda CR-V Turbo keluaran 2019. Dengan harga Rp490.100.000. Mobil ini memiliki kapasitas silinder 1.500 cc dan untuk tipe lainnya 1.900 cc. Sistem pembeliannya juga menggunakan e-katalog.

Sekretaris DPRD H Sukirman SE MM mengungkapkan, untuk wakil ketua DPRD sebenarnya belum klir. Sebab, rencana awal ingin membeli Toyota Altis. Kemudian ada CRV Turbo yang harganya sesuai dengan pagu anggaran yang tersedia. “Untuk ibu ketua sudah fix, untuk wakil ketua mobil CRV Turbo dan sekarang lagi proses,” kata Maman Kirman, sapaan akrabnya.

Maman juga menjelaskan untuk mobil operasional Pajero sport yang sebelumnya digunakan oleh mantan ketua DPRD, Edi Suripno SIP MSi hingga saat ini berstatus pinjam pakai. Mobil itu sudah dikembalikan. Begitu juga mobil dinas wakil ketua DPRD sebelumnya juga sudah dikembalikan.

Untuk ketiga mobil tersebut, oleh Sekretariat DPRD juga sudah dikembalikan ke bagian aset Badan Keuangan Daerah (BKD). Bagaimana dengan rumah dinas? Mantan kepala BKD ini menjelaskan, untuk ketua DPRD masih tetap menggunakan rumah dinas di Jl KS Tubun. Untuk wakil ketua DPRD, ada dua yakni di Jl Dr Sudarsono dan Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo.

Khusus yang di Jl Dr Wahidin Sudirohusodo saat ini masih digunakan sebagai kantor sementara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Dengan demikian masih menunggu proses pembangunan gedung disdukcapil selesai sehingga rumah dinas tersebut bisa digunakan. Sedangkan untuk rumah dinas di Jl Dr Sudarsono, sudah siap untuk ditempati. (abd)

Berita Terkait