Imron Jomblo, Edi Suripno Siap Jadi Wabup Cirebon

Masuk Bursa Salah Satu dari 5 Kandidat

Edi Suripno

CIREBON-Untuk mengisi kekosongan posisi Wakil Bupati Cirebon yang akan mendampingi Bupati Imron Rosyadi, DPP PDIP sudah mengantongi sedikitnya lima orang kandidat dari hasil proses penjaringan DPC PDIP Kabupaten Cirebon.

Dikabarkan, salah satu nama yang masuk adalah Edi Suripno SIP MSi, yang pernah menjabat ketua DPRD dan mantan Ketua DPC PDIP Kota Cirebon. Ditemui di Griya Sawala, Edi menyebutkan, prioritas untuk posisi wabup adalah dari kader DPC PDIP Kabupaten Cirebon sendiri. Edi tidak menampik dirinya masuk menjadi kandidat, tapi baginya semua itu adalah kewenangan dari DPP untuk memutuskannya. Dan ini masih berproses untuk kebijakan selanjutnya.

Dikatakannya, penjaringan kandidat tersebut sudah melalui mekanisme fit and proper test. Yang diuji kemampuan pengetahuan ideologi, tata kelola pemerintahan dan yang penting adalah komitmen para kandidat untuk peran aktif membesar partai. Hasil penjaringan kandidat, tetap yang menentukan adalah DPP PDIP.

“Iya diutamakan adalah kader partai di Kabupaten Cirebon dan ini masih berproses. Tapi bila saya ditugaskan DPP, tentunya saya harus siap. Kalau tidak salah nanti Sabtu depan ada pembahasan kandidat wabup di Bandung,” ujar Edi yang juga menjabat Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Barat ini.

Disampaikannya, PDI Perjuangan sebagai partai pengusung tunggal bupati dan wakil bupati Cirebon, berhak mengusulkan kandidat wakil bupati dari kadernya sendiri. Tapi partainya juga tidak menutup pintu bagi kandidat dari luar kader. Seperti birokrat, tokoh masyarakat atau mantan pimpinan daerah.

“Tapi tentunya kembali lagi figur kandidat diutamakan kader partai sendiri. Dan yang paling penting adalah wakil bupati nantinya harus bisa bekerjasama dengan bupati dalam menjalankan pemerintahan,” tegasnya. (gus)

Berita Terkait